PILKADA MAJENE 2020
Apel Rutan Majene: Jaga Sikap Netralitas dan Patuhi Prokes

oleh -5 Dilihat
Rutan Kelas IIB Majene melaksanakan Apel pagi penandatangan pernyataan netralitas ASN dengan prosedur protokol kesehatan penyebaran Covid-19.

MAJENE – Jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB melaksanakan apel pagi pada Kamis (3/11/2020). Agenda utamanya adalah pernyataan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pilkada 2020 dan komitmen untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (ASN).

Pesta demokrasi memang kerap menimbulkan beragam cerita, salah satunya adalah politisasi birokrasi dan pejabat negara. Mulai dari birokrat, guru, hingga institusi TNI dan Polri.

Isu politisasi birokrasi dan pejabat negara bukanlah barang baru dalam Pilkada. Birokrasi dan pejabat negara terkadang ditumpangi kepentingan-kepentingan tertentu untuk mencapai tujuan politis suatu golongan atau partai politik.

Sesungguhnya azas netralitas ASN telah diatur dalam Undang-Undang tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Netral bagi ASN berarti bahwa setiap ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh mana pun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun.

Netralitas ASN untuk tidak mendukung salah satu Pasangan Calon (Paslon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Majene 2020, juga diimbau kepada pihak Rutan Kelas IIB Majene, dengan melakukan Apel penandatanganan dan pernyataan sikap netralitas ASN.

Dalam kegiatan apel, dipimpin Kepala Rutan Majene Rasbil, dihadiri para pejabat struktural serta seluruh pegawai Rutan Kelas IIB Majene, dengan menandatangani seluruh pegawai disaksikan Kepala Rutan Kelas IIB Majene Rasbil.

Ia mengimbau, agar seluruh pegawai Rutan Majene jajarannya, untuk tidak ikut dalam kampanye publik pada salah satu paslon.

“Kita berupaya untuk memenuhi hak pilih seluruh Warga Binaan Permasyarakatan (WBP), khususnya yang berdomisili di Majene serta mengamankan dan mensukseskan penyelenggaraan Pilkada Majene,” harapnya.

Setelah pembacaan dan penandatanganan pernyataan sikap, dilanjutkan dengan pembagian Handsanitizer kepada seluruh pegawai Rutan Kelas IIB Majene sebagai bentuk kepedulian dalam upaya pencegahan penyebaran vbirus corona atau covid-19..

“Untuk pembagian Handsanitizer ini, supaya seluruh pegawai tetap menjaga diri dari penyebaran covid-19,” tandasnya.

Rasbil juga mengimbau kepada ASN dan seluruh masyarakat untuk senantiasa menaati protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan air bersih. (***)