8 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

Manfaat air kelapa muda tidak hanya untuk melepas dahaga, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan elektrolit, nutrisi, dan senyawa lain di dalam air kelapa muda dinilai bisa membawa beragam khasiat bagi tubuh, mulai dari mencegah dehidrasi hingga membuat kulit awet muda.

Berbeda dengan kelapa tua, kelapa muda memiliki air yang lebih banyak. Minuman ini juga mengandung elektrolit, seperti kalium, natrium, dan mangan. Selain itu, air kelapa muda juga kaya akan fenol dan flavonoid yang bersifatĀ antioksidan.

Kandungan lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh meliputi karbohidrat, serat, kalsium, protein, vitamin C, kalium, dan fosfor. Kandungan itulah yang membawa berbagai manfaat air kelapa muda untuk kesehatan.


Berbagai Manfaat Air Kelapa Muda

Berikut ini adalah berbagai manfaat air kelapa muda untuk kesehatan:

1. Menghidrasi tubuh

Salah satu manfaat air kelapa muda adalah menghidrasi tubuh. Selain mengandung banyak air, kelapa muda juga memiliki banyakĀ elektrolit, terutama natrium dan kalium. Fungsi elektrolit adalah mendukung aktivitas sel dan jaringan tubuh serta menjaga kadar cairan tubuh tetap seimbang.

Oleh karena itu, air kelapa muda kerap diberikan pada orang yang sedang muntaber atau berisiko terkena dehidrasi. Di sisi lain, air kelapa muda juga lebih sehat dibandingkan minuman isotonik yang biasanya mengandung tambahan gula dan perasa.

2. Mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium yang melimpah dalam air kelapa muda juga baik untuk mencegahĀ osteoporosis. Pasalnya, kalsium merupakan nutrisi yang diperlukan untuk memperkuat tulang. Apabila kebutuhannya tidak dicukupi, risiko terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis bisa meningkat.

3. Menurunkan tekanan darah

Air kelapa muda juga bermanfaat menurunkanĀ tekanan darah. Manfaat ini dapat diperoleh karena kandungan kalium di dalamnya yang mampu mengurangi ketegangan otot di dinding pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa tetap stabil.

4. Mencegah penyakit jantung

Karena mampu menurunkan tekanan darah, air kelapa muda juga dapat mencegah penyakit jantung. Pasalnya, tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Air kelapa muda juga mengandung antioksidan yang bisa menjaga kesehatan sekaligus fungsi sel jantung.

5. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat air kelapa muda juga dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderitaĀ diabetes tipe 2Ā danĀ prediabetes. Ini karena kandungan magnesium, kalium, dan L-arginine di dalam air kelapa muda dapat meningkatkan kerja insulin dan menurunkan gula darah.

6. Mencegah batu ginjal

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa manfaat air kelapa muda dapat mengeluarkan zat pemicuĀ batu ginjalĀ bersama urine. Meski begitu, penderita gagal ginjal kronis dan sedang dalam pengobatan batu ginjal sebaiknya konsultasi ke dokter lebih dulu sebelum mengonsumsi air kelapa muda.

Pasalnya, kandungan elektrolit yang tinggi dalam air kelapa muda bisa saja makin membebani kinerja ginjal, khususnya pada penderita penyakit yang telah disebut di atas. Hal ini pun bisa memperburuk kondisi penyakit ginjal, termasukĀ gagal ginjal kronis.

7. Mencegah timbulnya jerawat

Manfaat air kelapa muda lainnya adalah mencegah jerawat berkat senyawa yang bersifat antibakteri di dalamnya. Meski belum dibuktikan melalui penelitian lebih jauh, penggunaan air kelapa muda ke kulit diduga bisa mencegah jerawat.

8. Mencegah kanker

Air kelapa muda juga didiuga dapat mencegahĀ kanker, karena kandunganĀ antioksidanĀ di dalamnya bisa menangkal bahaya radikal bebas, salah satunya kerusakan sel tubuh. Sel yang rusak bisa mati atau bahkan tumbuh tanpa kendali, sehingga terbentuklah sel kanker.

Di samping khasiatnya yang beragam, beberapa manfaat air kelapa muda di atas masih dilakukan pada hewan. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

Manfaat air kelapa muda memang baik untuk kesehatan. Namun, jika memiliki kondisi kesehatan yang mengharuskan Anda membatasi asupan kalium dan natrium, sebaiknya hindari terlalu banyak minum air kelapa muda.

Anda juga bisa berkonsultasi keĀ dokter lebih dulu guna memastikan apakah air kelapa muda aman untuk kondisi medis Anda atau tidak. (alodokter.com)