10 Manfaat Air Kelapa Tua untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat air kelapa tua didapat dari beragam kandungan mineral dan vitamin yang ada didalamnya. Salah satu manfaat dari beragam kandungan dalam buah tropis yang satu ini adalah mengembalikan cairan dan elektrolit yang hilang, sehingga tubuh terhindar dari dehidrasi.

Air kelapa biasanya berasal dari kelapa muda yang berumur 6‚Äď9 bulan. Namun, air kelapa juga ditemukan pada buah kelapa yang usianya sudah tua. Bedanya, jumlah air pada kelapa tua jauh lebih sedikit daripada kelapa muda.

Mayoritas masyarakat hanya memanfaatkan daging kelapa tua untuk diolah menjadi santan. Padahal air dari kelapa tua juga sangat menyehatkan dan dapat dikonsumsi sebagai minuman diet sehat. Ini karena karena kadar gula pada air kelapa tua lebih sedikit daripada air kelapa muda. Selain itu, masih ada banyak manfaat air kelapa tua yang bisa Anda dapatkan.


Kandungan Nutrisi Air Kelapa Tua

Air kelapa tua dapat menjadi minuman diet sehat karena dalam 250 mililiter, atau setara dengan 1 cangkir, air kelapa terkandung 44 kalori saja. Selain itu, minuman ini juga bebas lemak.

Air kelapa tua juga mengandung berbagai nutrisi lain, seperti:

  • 10 gram karbohidrat
  • 0,5 gram protein
  • 10 gram gula
  • 64 miligram natrium dan 404 miligram kalium
  • 24 miligram vitamin C

Manfaat air kelapa tua juga didukung oleh beragam kandungan vitamin dan mineral penting, seperti vitamin B1, mangan, zat besi, fosfor, dan zinc.

Beragam Manfaat Air Kelapa Tua untuk Kesehatan

Jarang sekali masyarakat yang mengonsumsi air kelapa tua. Ini disebabkan oleh jumlah air kelapa tua yang sedikit dan rasanya yang kurang manis. Padahal, air kelapa tua memiliki banyak nutrisi serta efek antioksidan, antiradang, antibakteri, dan antivirus yang bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah manfaat air kelapa tua untuk kesehatan tubuh:

1. Mengatasi dehidrasi

Mengonsumsi air kelapa tua dapat membantu mengembalikan elektrolit dan cairan tubuh yang hilang, baik karena diare maupun setelah berolahraga. Minum air kelapa tua tidak hanya memenuhi kebutuhan cairan, tetapi juga menggantikan elektrolit penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalium, natrium, kalsium, dan magnesium.

2. Menjadi isotonik alami

Selain dapat mengembalikan elektrolit dan cairan tubuh yang hilang, air kelapa tua juga dapat digunakan sebagai minuman isotonik alami yang bisa Anda konsumsi saat atau setelah berolahraga. Manfaat air kelapa tua yang satu ini didapatkan dari kandungan karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi untuk mempertahankan stamina dan ketahanan otot saat berolahraga.

Selain itu, kandungan kalium dan magnesium dalam air kelapa tua akan memaksimalkan kinerja otot selama berolahraga. Minuman ini juga akan membantu pemulihan otot setelah berolahraga, sehingga dapat mengurangi pegal-pegal atau nyeri otot, bahkan DOMS.

3. Mencegah batu ginjal

Batu ginjal terbentuk ketika terjadi penumpukan zat-zat sisa dalam tubuh yang membentuk kristal atau batu-batu kecil. Jika tidak dikeluarkan melalui urine, kristal-kristal tersebut akan membesar dan menyubat ginjal maupun saluran kencing.

Mengonsumsi air kelapa tua dapat mencegah pembentukan batu dalam urine. Air kelapa tua juga akan meningkatkan frekuensi buang air kecil, sehingga membantu pengeluaran zat-zat sisa tubuh. Dengan begitu, pembentukan batu ginjal pun dapat dicegah.

4. Mengontrol gula darah

Manfaat air kelapa tua lainnya untuk kesehatan tubuh adalah dapat meningkatkan kontrol gula darah pada para penderita diabetes. Ini disebabkan oleh kandungan magnesium yang ada did alam air kelapa tua. Magnesium dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh, sehingga kadar gula darah pada penderita diabetes terkontrol.

5. Menurunkan kolesterol

Mengonsumsi air kelapa tua juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam tubuh, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Manfaat ini didapatkan dari kandungan asam amino, asam askorbat, kalsium, dan kalium dalam air kelapa tua yang tinggi. Nutrisi-nutrisi tersebut membantu mengurangi kolesterol.

Manfaat air kelapa tua ini bahkan dikatakan sama efektifnya dengan efek obat statin yang digunakan untuk menurunkan kolesterol.

6. Menurunkan tekanan darah

Kaya akan kalium, manfaat air kelapa tua lainnya adalah dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Kalium dapat merelaksasi dinding pembuluh darah, sehingga tekanan darah pun turun.

Selain itu, kalium dalam air kelapa tua juga bermanfaat untuk membantu mengeluarkan jumlah natrium berlebih dalam tubuh. Natrium berlebih akan menyebabkan tekanan darah meningkat. Dengan mengonsumsi air kelapa tua, tekanan darah akan turun.

Namun, orang yang sedang mengonsumsi obat tekanan darah tinggi sebaiknya tidak mengonsumsi air kelapa tua secara berlebih. Konsumsi air kelapa tua berlebih dan obat tekanan darah secara bersamaan dapat menyebabkan penurunan tekanan darah terlalu drasti. Hal ini justru akan membahayakan kesehatan.

7. Mencegah serangan jantung

Menurunkan tekanan darah dengan mengonsumsi air kelapa tua juga dapat mencegah risiko terjadinya serangan jantung. Hal ini karena tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung.

Selain itu, kandungan kalium dalam air kelapa tua yang cukup tinggi juga dapat membantu irama jantung berdetak lebih teratur. Kedua manfaat ini akan membantu menjaga tekanan darah tetap normal, sehingga menurunkan risiko terkena serangan jantung.

8. Mencegah timbulnya jerawat

Manfaat air kelapa tua juga didapat dari kandungan antimikroba di dalamnya yang dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengoleskan air kelapa tua ke kulit yang berjerawat.

9. Mencegah keriput

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Ketika sel-sel dalam tubuh rusak, kondisi ini dapat mempercepat proses penuaan dini, seperti munculnya keriput. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi air kelapa tua.

Kandungan antioksidan dalam air kelapa tua efektif mencegah terjadinya keriput serta membantu tubuh melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan begitu, kulit akan tetap sehat dan Anda terhindar dari keriput, flek hitam, maupun tanda penuaan dini lainnya.

10. Menurunkan risiko terkena kanker

Air kelapa tua efektif melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang menyebabkan timbulnya berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker.

Manfaat air kelapa tua ini didapat dari kandungan antioksidan di dalamnya yang dapat mencegah terjadinya radikal bebas. Dengan begitu, kerusakan sel-sel tubuh dapat dicegah dan risiko terkena kanker pun dapat dikurangi.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat air kelapa tua, caranya cukup mudah. Anda bisa mengonsumsinya langsung dari kelapa yang baru dikupas. Namun, pastikan tidak menambahkan sirop atau gula untuk mencegah penambahan kalori.

Manfaat air kelapa tua untuk kesehatan tubuh memang sangat banyak. Namun, jika Anda sedang hamil atau menyusui, sebaiknya hindari mengonsumsi air kelapa tua. Ini dilakukan karena belum ada penelitian yang cukup untuk mengetahui apakah air kelapa tua aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Selain itu, karena air kelapa memiliki kandungan kalium yang tinggi. Mengonsumsinya terlalu banyak kalium dapat menyebabkan hiperkalemia, terutama bila Anda sedang mengonsumsi obat terkanan darah tinggi.

Jika Anda memiliki penyakit tertentu, seperti gagal ginjal kronis dan sindrom iritasi usus besar, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum air kelapa tua. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah peruburukan keluhan kesehatan yang Anda alami. (***)