Selasa, 07 Desember 2021

Pesona Air Terjun Tiga Tingkat di Rea Guliling

Air Terjun Tiga Tingkat di Desa Rea Guliling, Kalukku

Penulis: Asmi Saleh  I  Editor: Asmi Saleh

MAMUJU, SBCHANNEL.ID – Berlibur tentu mengasyikkan. Apalagi bila berlibur bersama keluarga. Keceriaan pun semakin bertambah.  Seperti itulah sensasi berlibur dengan pesona air Terjun Tiga Tingkat di Kalukku Kabupaten Mauju, Sulawesi Barat.

Wisata alam Air Terjun Tiga Tingkat Kalukku berada di tengah hutan. Dikelilingi sejumlah pohon besar yang rindang. Sehingga menambah daya tarik dengan pemandangan yang asri nan sejuk. Alamnya masih sangat alami, karena tidak dijamah masyarakat.

Pesona alamnya memang luar biasa. Alam yang asri dengan beningnya air yang berjatuhan dari bebatuan. Menjadi pemandangan yang sangat memesona. Itulah sedikit gambaran Air Terjun Tiga Tingkat yang terletak Rea Guliling, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju.

Air terjun ini memang memiliki tiga tingkat. Menjadi daya tarik warga lokal yang berpakansi pada akhir pekan. Untuk kebutuhan konsumsi, kita masih harus membawa bekal sendiri.

Orang yang menghabiskan waktu berakhir di tempat ini, selalu ingin berlama-lama. Pohon-pohon kayu yang besar dan rindang dan udaranya yang masih segar. Tidak terkontaminasi polusi.

Pada setiap tingkatan air terjun ini berkisar sekira 50 meter. Pada tingkatan paling akhir memiliki kolam yang cukup dalam. Sehingga dapat digunakan untuk berenang, berendam dan bermain air.

Untuk jarak tempuh ke lokasi tersebut membutuhkan waktu sekira sejam dari pusat perkampungan warga. Memang masih harus berjalan kaki dengan melewati jalan setapak yang sering dilalui para petani dan pekebun.

Syamsul, salah seorang pemuda Desa Pokkang mengaku sudah sering ke lokasi tersebut bersama teman-temannya. Ia juga mengatakan bila lokasi tersebut menjadi salah satu alternatif dirinya bersama pemuda lainnya untuk mengisi waktu libur di Air Terjun Tiga Tingkat. Apalagi ditengah pandemi virus corona atau covid-19.

Syamsul pun berharap agar Pemerintah Kabupaten Mamuju dapat mempromosikan pesona wisata alam tersebut. Tujuannya agar masyarakat Mamuju khususnya dapat lebih mengenal tempat wisata baru tersebut. Dan yang terpenting adalah pemerintah harus membenahi akses jalan menuju lokasi Air Terjun Tiga Tingkat. (***)