Antisipasi Cuaca Buruk
Kabag Ops :  Petugas dan Relawan Saja ke Malunda

oleh -2 Dilihat
Kabag Ops Polres Majene AKP Ujang Saputra

MAJENE, Terkait kondisi cuaca yang kurang bersahabat, seringkali mengakibatkan terjadinya longsor di Jalan Trans Majene-Mamuju, sehingga diminta hanya petugas dan relawan untuk membawa logistik bantuan para korban gempa bumi ke Malunda.

Permintaan ini, disampaikan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Majene AKP Ujang Saputra. “Kita meminta kepada seluruh masyarakat agar mengurungkan perjalanan sementara kearah Selatan ke Barat ataupun sebaliknya Utara ke Selatan jika tidak terlalu penting, mengingat cuaca saat ini semakin memburuk,” pinta Ujang Saputra, Selasa (19/01/21).

Ia menuturkan, imbauan yang dilontarkan semata-mata untuk keselamatan para pengendara yang hanya sekedar berkunjung ke lokasi pengungsian di Malunda maupun Mamuju terkait ancaman longsor akibat hujan dengan intensitas lebat.

“Kami perhatikan, banyak masyarakat bela-belaan datang ke lokasi pengungsian hanya sekedar melihat kondisi para korban terus ambil dokumentasi kemudian kembali,” ujarnya.

Pemandangan ini kata dia, tentu sudah biasa, namun demi keselamatan masyarakat agar tidak terdampak cuaca buruk. “Bantuan anda cukup dititipkan saja kepada petugas atau relawan lainnya, supaya mobilitas ke arah Malunda-Mamuju maupun arah sebaliknya lebih mudah untuk dikendalikan,” urainya.

Ia berpesan, untuk bantuan selain posko induk di Malunda, juga bisa dititipkan di Polres Majene, Polsek Banggae, di posko Kantor Kecamatan Pamboang dan Kantor Kecamatan Sendana, karena data pengungsian sudah dimiliki para petugas atau relawan, sehingga bantuan bisa disalurkan secara merata.

“Selain mengantisipasi dampak bencana, juga menghindari antrean kendaraan di sepanjang jalan wilayah Kecamatan Sendana, kalau mobilitas terus seperti ini, maka bisa menjadi ancaman nyata longsor sewaktu-waktu dapat menimbung para pengendara saat macet,” ungkapnya.

Ujang menjelaskan, petugas pengaturan arus lalu lintas sangat terbatas, karena sebagian petugas difokuskan pada pelayanan posko gempa bumi, sehingga partisipasi dan pengertian seluruh pihak sangat diperlukan.

“Kehadiran kita di lokasi memang memberikan dampak besar untuk menghidupkan semangat para korban, hanya saja kondisi cuaca tidak bersahabat, bantuan dan doa cukup kita titipkan untuk saudara-saudara kita di Malunda maupun Mamuju,” ucapnya.