10 Obat Batuk Alami yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Daya imun yang menurun disertai dengan padatnya aktivitas yang dilakukan membuat tubuh sangat rentang terhadap masuknya berbagai virus dan bakteri. Selain itu, batuk juga dapat disebabkan oleh faktor lingkungan ataupun dari segi makanan yang Anda konsumsi.

Dari beberapa cara yang bisa dilakukan, membuat obat batuk dari bahan tradisional menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Selain ampuh mengatasi batuk, cara ini juga tergolong aman dan tanpa menimbulkan efek samping.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat batuk ampuh yang aman untuk dikonsumsi:


1. Jahe

Jahe dapat meredakan batuk kering atau asma, karena sifatnya yang anti-inflamasi. Jahe juga dapat meredakan mual dan nyeri. Senyawa anti-inflamasi pada jahe dapat melemaskan membran di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk. Tambahkan 20ÔÇô40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Tambahkan madu atau jus lemon untuk membuat rasanya lebih nikmat.

2. Madu

Menurut laman Medical News Today, madu dapat digunakan untuk meredakan batuk, mengonsumsi madu bisa melegakan tenggorokan saat batuk menyerang. Untuk mengobati batuk dengan madu, campurkan 2 sendok teh madu dengan air hangat atau teh herbal, bisa juga ditambahkan dengan perasan jeruk nipis. Minumlah campuran ini sekali atau dua kali sehari. Tetapi, jangan berikan madu kepada anak di bawah 1 tahun.

3. Lemon Dan Jeruk Nipis

Bahan alami pertama yang bisa Anda gunakan sebagai obat untuk meredakan batuk secara alami adalah lemon dan jeruk nipis. Kedua bahan ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi serta antibakteri yang berkhasiat untuk membasmi bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Caranya, Anda bisa ambil perasan air lemon dan jeruk nipis. Kemudian campur dengan 1 sendok madu dan segelas air, lalu minum.

4. Lada Hitam

Jika Anda mengalami batuk kering yang tak kunjung sembuh, maka obat alami pereda batuk yang satu ini bisa menjadi pilihannya. Lada hitam memiliki kandungan zat yang mampu merangsang sirkulasi udara dalam saluran pernafasan. Selain itu, bahan ini juga memiliki kemampuan untuk menghambat masuknya virus dan bakteri pada tenggorokan. Anda bisa mengkonsumsinya dengan segelas air.

5. Thyme

Thyme adalah salah satu jenis rempah daun asal Mesir yang sangat terkenal. Daunnya mungil berbentuk oval dengan tangkai kecil yang keras. Aromanya sangat harum dan khas. Thyme biasanya sering dipakai orang Yunani sebagai obat herbal, tetapi di negara barat thyme biasa dimasukkan dalam masakan. Thyme juga memiliki kegunaan untuk batuk, sakit tenggorokan, bronkitis, dan masalah pencernaan.

6. Nanas

Nanas memang tidak populer sebagai obat batuk, tapi enzim bromelin yang terdapat di batang dan buah nanas dapat membantu meredakan batuk serta mengeluarkan lendir di tenggorokan, demikian seperti dilansir dari HealthLine.

Untuk menikmati manfaat nanas dan bromelain, makanlah sepotong nanas atau minum 3,5 ons jus nanas segar tiga kali sehari. Selain itu, bromelin di nanas juga dapat meringankan masalah sinusitis dan alergi yang berkontribusi pada batuk dan lendir. Kadang juga digunakan untuk mengobati peradangan dan pembengkakan.

7. Daun Kayu Putih

Selain berkhasiat untuk menghangatkan tubuh, daun kayu putih juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat batuk alami. Caranya, rebus beberapa daun kayu putih hingga mendidih. Setelah itu minum dalam keadaan hangat untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan.

8. Daun Pepermint

Kandungan mentol yang menyegarkan pada daun peppermint mampu meringankan tenggorokan yang gatal. Daun ini bisa Anda manfaatkan sebagai obat batuk anak-anak yang ampuh dan aman dikonsumsi. Caranya, rebus daun peppermint kemudian dekatkan uap rebusan daun pada hidung anak untuk dihirup. Cara ini ampuh untuk meredakan batuk kering dan berdahak baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

9. Kencur

Kencur juga dipercaya mampu mengobati batuk. Orang-orang biasanya meminum sari dari kencur untuk mengurangi batuk mereka. Kencur ditemukan mengandung senyawa flavonoid, saponin, polifenol dan minyak atsiri yang dipercaya memiliki kemampuan sebagai anti-bakteri.

10. Berkumur Dengan Air Garam

Ini bisa dibilang obat batuk alami termudah dan juga murah meriah. Air garam mengurangi dahak dan lendir di bagian belakang tenggorokan yang dapat mengurangi kebutuhan batuk.

Pasti kamu punya garam di dapur, ambil setengah sendok dan campurkan ke dalam secangkir air hangat sampai larut. Tunggu sampai dingin lalu baru gunakan untuk berkumur. Berkumurlah dengan air garam beberapa kali setiap hari sampai batuknya membaik. (***)