Warga Panggalo Usul Peningkatan Jalan Tani

MAJENE – Warga dari bebebera Lingkungan dan Dusun Kelurahan Pangaliali Kecamatan Banggae hadiri kegiatan reses  tahap I masa sidang ke-II Tahun Anggaran 2021 Anggota DPRD Provinsi Sulbar Itol Syaiful Tonra di Lingkungan Panggalo, Rabu 10 Februari.

Itol Syaiful Tonra yang juga mantan Wakil Bupati Majene itu dalam sambutannya menyampaikan, melalui kegiatan reses anggota DPRD wajib dilaksanakan sebab merupakan perintah Undang-Undang.

“Tujuan kunjungan kerja atau reses ini untuk menjaring aspirasi masyarakat terkait peningkatan pembangunan sarana dan prasarana di wilayah dapil anggota dewan,” tutur Anggota DPRD Provinsi Sulbar dapil IV di wilayah Kabupaten Majene itu.


Dari ratusan masyarakat yang hadir, ada perwakilan dari Lingkungan Panggalo Kelurahan Pangaliali Kecamatan Banggae atas nama Abdul Hafid menyampaikan usulannya terkait peningkatan jalan usaha tani di wilayahnya.

“Kami berharap, agar aspirasi kami diperjuangkan pada saat sidang paripurna DPRD Provinsi Sulbar. Itu semua demi kemajuan terkait pembangunan sarana dan prasarana pertanian di Lingkungan Panggalo, kita doakan saja agar apa yang menjadi harapan kita semua ini dapat terealisasi,” ucap Hafid tokoh masyarakat Lingkungan Panggalo.



Untuk akses jalan pertanian di Lingkungan Panggalo lanjut Hafid, masyarakat meminta untuk menjadi prioritas utama dalam usulannya itu. “Kondisi jalan tani yang sudah dirintis beberapa tahun lalu sangat sulit di lalui kendaraan, sehingga para petani harus memarkir kendaraannya kemudian berjalan kaki sekitar 2 kilometer menuju kebun pertanian mereka,” terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Kelompok Tani juga warga Lingkungan Panggalo mengusulkan pengadaan embung untuk sarana peningkatan produksi pertanian. “Ada beberapa budidaya tanaman yang kami kembangkan, seperti ubi jalar, kacang panjang, bawang merah dan beberapa komoditi lainnya,” ujar Bahir dihadapan Anggota DPRD Provinsi Sulbar.

Kepala Lingkungan Panggalo Ahmad menyampaikan rasa terimakasihnya kepada anggota DPRD Provinsi Sulbar yang telah melangsungkan kegiatan resesnya di Lingkungan Panggalo.

“Syukur Alhamdulillah apa yang menjadi uneg-uneg masyarakat sudah tersampaikan dalam kegiatan reses ini, saya sebagai Kepala Lingkungan Panggalo berharap kepada Anggota DPRD Provinsi Sulbar khusunya perwakilan dapil 4 di Majene agar kiranya dapat terealisasi apa yang menjadi prioritas usulan masyarakat,” tutupnya. (abd. hafid)