Tutorial Mengakses Aplikasi SatuSehat

Profil pengguna, sertifikat, dan tiket vaksin Covid-19 yang sebelumnya di platform PeduliLindungi tersinkronisasi secara otomatis ke SatuSehat Mobile.

Sejak 1 Maret 2023 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi mentransformasikan aplikasiĀ PeduliLindungiĀ menjadi aplikasi kesehatan masyarakat bernamaĀ SatuSehat Mobile.

Menurut Staf Ahli Teknologi Kesehatan Menkes sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes Setiaji, Selasa (28/2/2023), bagi yang telah mengunduhĀ PeduliLindungiĀ sebelumnya, masyarakat hanya perlu memperbarui aplikasi melaluiĀ Play StoreĀ maupunĀ App Store, baik secara otomatis maupun manual.


ā€œSetelah memberikan persetujuan syarat dan ketentuan diĀ SatuSehat Mobile, pengguna hanya perluĀ log inĀ dengan nomor ponsel atau email yang telah terdaftar sebelumnya diĀ PeduliLindungi,ā€ jelas Setiaji.

Dijelaskan, profil pengguna, sertifikat, dan tiket vaksin Covid-19 yang sebelumnya di platformĀ PeduliLindungiĀ juga tersinkronisasi secara otomatis. Dengan begitu, para penggunaĀ PeduliLindungiĀ tidak perlu repot lagi membuat akun baru untuk mulai memakaiĀ SatuSehat Mobile.

Selain fitur-fitur yang ada sebelumnya diĀ PeduliLindungi, seperti vaksinasi Covid-19, hasil tes antigen dan polymerase chain reaction (PCR), dan pindai QR code saatĀ check-inĀ ke ruang publik atau transportasi umum, dalam waktu dekat juga akan tersedia fitur baru bernama ā€˜diary kesehatanā€™ yang dapat mencatat sekaligus memonitor kondisi kesehatan diri dan orang-orang terdekat.

Ada empat kondisi yang akan bisa dicatat pada fitur tersebut, yaitu pengukuran tubuh (tinggi dan berat badan), tekanan darah, gula darah dan detak jantung. Setelahnya, akan muncul berbagai informasi seperti kurva kesehatan, analisis, serta rekomendasi untuk tindakan lebih lanjut.

Dalam rencana pengembangannya,Ā SatuSehat MobileĀ secara bertahap akan menambahkan beragam fitur penunjang kesehatan personal lainnya yang datanya bersumber dan terintegrasi dengan rekam medis elektronik (RME) dan BPJS Kesehatan melaluiĀ SatuSehat Platform.

ā€œDari urusan imunisasi anak, antre ke rumah sakit, hasil pemeriksaan, hingga data pembelian obat nanti akan dapat diakses dan terintegrasi melaluiĀ SatuSehat Mobile,ā€ kata Setiaji.

Adapun seperti dilansir dari situs Kementerian Kesehatan, untuk melakukan registrasi dan menampilkan kode QR profil SatuSehat dapat dilakukan di aplikasiĀ SatuSehat Mobile. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Unduh aplikasiĀ SatuSehat MobileĀ diĀ Play StoreĀ atauĀ App Store;
  • Klik “Daftar” untuk buat akun atau “Masuk” dengan akun terdaftar;
  • Masukkan nama dan email untuk daftar atau masuk ke akun;
  • Masukkan kode OTP yang dikirim melalui email;
  • Pilih menu “Akun” di kiri atas untuk melengkapi profil;
  • Klik ikon pensil untuk edit dan lengkapi profil;
  • Isi data yang diperlukan. Lalu klik “Simpan”;
  • Klik tombol “Tampilkan QR Code”, maka layar barcode akan muncul di layar HP;
  • Tunjukkan kode QR profil SatuSehat ke petugas ketika melakukan perjalanan menggunakan moda kereta dan pesawat.

Apa yang membedakan fitur PeduliLindungi denganĀ SatuSehat Mobile? Pengguna bisa mengecek informasi sertifikat vaksin di SatuSehat lewat fitur “Vaksin dan Imunisasi”, sedangkan diĀ PeduliLindungiĀ data itu ada di fitur “Sertifikat Vaksin”.

Berikut ini Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 di SatuSehat Mobile:

  • Buka aplikasi dan login ke aplikasiĀ Satu Sehat MobileĀ di ponsel;
  • Untuk masuk ke aplikasi, pengguna bisa menggunakan nomor telepon atau email yang pernah digunakan diĀ PeduliLindungi;
  • Setelah berhasil masuk, pilih menu ‘Vaksin dan Imunisasi’ yang terletak di awal halaman aplikasi;
  • Setelah itu, klik ‘Vaksin Dewasa’ dan klik ikon profil yang ada;
  • Setelah itu,nantinya akan muncul daftar sertifikat vaksin digital dari semua tahap yang sudah pernah dilakukan oleh pemilik akun maupun anggota keluarganya.

Seiring dengan diluncurkannya inovasiĀ SatuSehat Mobile, kiniĀ SatuSehat PlatformĀ juga resmi membuka kesempatan bagi seluruh pihak untuk melakukan registrasi serta melakukan uji coba integrasiĀ SatuSehat PlatformĀ melaluiĀ http://satusehat.kemkes.go.id/platform/.

Dari portal ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi swasta maupun pengembang IT Dinas Kesehatan di kabupaten dan kota dalam menerapkan standar yang sama untuk dapat melakukan interoperabilitas data denganĀ SatuSehat Platform.

Dalam portal itu juga disediakan berbagaiĀ playbookĀ bagi fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) dalam menyesuaikan standar interoperabilitas dan integrasi data, mulai dari modul interoperabilitas, master data pasien, master data tenaga kesehatan, sertaĀ browserĀ terminologi dan kamus farmasi dan alat kesehatan (KFA).

Penulis: Kristantyo Wisnubroto