Tujuh Manfaat Alpukat Beserta Keistimewaannya

SBChannel.id РAlpukat atau nama latinnya Persea americana merupakan buah yang sering kita jumpai. Buah serbaguna ini memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi manusia. Ada banyak zat yang kaya manfaat yang terdapat di buah ini.

Didalam sebuah penelitian menyatakan mengonsumsi alpukat dapat meningkatkan penyerapan antioksidan 2,6 hingga 15 kali lipat. Itulah mengapa buah alpukat sangat baik sebagai sumber lemak sehat ketimbang makanan lainnya. Selain itu, lemak pada alpukat dipercaya menyehatkan lapisan usus, sehingga mengurangi risiko sembelit hingga mencegah gejala sindrom iritasi usus besar.

Selain enak ternyata buah yang berasal dari Amerika tepatnya Meksiko ini juga kaya akan kandungan nutrisi yang baik menjaga kesehatan tubuh seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, Vitamin B1, zat gizi, dan antioksidan.

Berikut manfaat dan keistimewaan dari buah alpukat.


1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Mengonsumsi alpukat dianggap baik untuk tubuh karena kandungan lemak baik dalam buah ini melimpah. Menurut penelitian, konsumsi alpukat disertai pola makan sehat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini tidak mengherankan mengingat kandungan lemak dalam alpukat berbentuk lemak tak jenuh tunggal. Yang harus digarisbawahi adalah jangan mengonsumsi buah ini secara berlebihan.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat alpukat berguna bagi kesehatan mata karena mengandung antioksidan (lutein dan zeaxanthin) yang kuat. Selain kandungan antioksidan di dalamnya yang tinggi, khasiat buah alpukat juga meningkatkan penyerapan antioksidan dari makanan lain.

Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat alpukat untuk kesehatan pada akhirnya akan menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula secara drastis, khususnya mereka yang sudah lanjut usia.

3. Membantu Perkembangan Otak Janin

Khusus bagi ibu hamil manfaat buah alpukat sangat berguna bagi perkembangan otak janin karena kandungan lemak tak jenuh tunggal dan lemah jenuh nabati di dalamnya. Kandugan asam folat pada alpukat adalah salah nutrisi penting selama kehamilan.

Asam folat berfungsi untuk mengatur dan memproduksi jalinan sel baru. Selain itu, asam folat juga dipercaya menurunkan risiko cacat lahir. Ibu hamil membutuhkan setidaknya  400 mikrogram asam folat tiap harinya. Satu buah alpukat menyediakan sekitar 45 mikrogram asam folat.

4. Membantu Melancarkan Pencernaan

Karena kandungan antioksidannya yang banyak, manfaat buah alpukat lainnya adalah menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus, dengan meningkatkan bakteri sehat sekaligus mengurangi bakteri tidak sehat.

Selain itu, lemak pada alpukat juga dipercaya menyehatkan lapisan usus, sehingga mengurangi kemungkinan sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar.

5. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, salah satu asupan yang baik Anda konsumsi adalah buah alpokat. Manfaat buah alpokat yang bisa didapatkan adalah membuat rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, alpokat juga memiliki kandungan serat yang tinggi dengan kandungan karbohidrat yang rendah, di mana hal ini adalah sesuatu yang baik bagi Anda yang sedang melakukan penurunan berat badan.

Baca:   Presiden Jokowi Minta Menteri Terawan Rancang Testing Covid-19

6. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat buah alpukat dipercaya dapat membantu mencegah kanker. Manfaat alpukat di sini bekerja dengan mengurangi efek samping kemoterapi pada limfosit. Bahkan, penelitian lain mengatakan, ekstrak alpukat terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Namun, perlu diingat bahwa studi ini dilakukan dalam sel terisolasi dan tidak serta merta membuktikan apa yang mungkin terjadi pada manusia.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah alpukat terutama orang dewasa yang mengonsumsinya, kemungkinan memiliki kesehatan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Orang-orang yang mengonsumsi buah alpukat biasanya memiliki pola makan sehat, seperti rajin makan sayuran dan diet rendah gula.

Hal ini berpengaruh kepada kestabilan berat badan, lingkar pinggang, dan indeks massa tubuh. Manfaat alpukat ini juga baik bagi sistem metabolisme tubuh, sehingga mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. (***)