Polres Mateng Siap Mengamankan Natal-Tahun Baru di Masa Pandemi

Kapolres Mamuju Tengah AKBP Muhammad Zakiy didampingi Kadishub  Sigit DH, Danramil Budongbudong, dan Wakapolres Kompol Ramli saat meninjau pasukan dalam apel gelar pasukan Operasi Lilin Siamasei 2020 di halaman Mapolres Mamuju Tengah, Senin 21 Desembe 2020.

MAMUJU TENGAH ‚Äď Kepolisian Resor¬† Mamuju Tengah siap memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021 yang berlangsung di tengah situasi pandemi Covid-19.

Penegasan tersebut sesuai tema apel gelar pasukan Operasi Lilin¬† Siamasei yakni “Melalui apel gelar pasukan Operasi Lilin Siamasei, kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi tekait dalam rangka memberkan rasa aman dan nyaman pada perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021 di tengah¬† pandemic Covid-19”.

Apel gelar pasukan yang belangsung  di halaman Mapolres pada Senin (21/12/2020) dipimpin Kapolres  Mateng AKBP Muhammad Zakiy. Kegiatan ini dihadiri Wakapolres Mateng Kompol Ramli, Kabag Ops AKP Rigan Hadi Nagara, para Kasat dan Kapolsek di jajaran Polres Mateng.


Peseta apel gelar pasukan ini terdiri dari Danramil Budongbudong, Brimob Polda Sulbar, Satpol PP /Damkar, Dishub, BPBD, Dinsos/Tagana, Dinkes, Dinas Kominfo, Dinas PU, dan Orari.

‚ÄúOperasi Lilin Siamasei tahun 2020 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai tanggal 4 Januari 2021,‚ÄĚ ujar Kapolres saat membacakan sambutan amanat Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz.

Peningkatan aktifitas masyarakat  tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat), gangguan Kamtibcar Lantas (Keamanan dan ketertiban dan kelancaran lalulintas), dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Oleh karena itu, fokus pengamanannya  adalah gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan dan  lain-lain. Tentu dengan mengedepankan pendekatan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan professional.

AKBP Muhammad Zakiy menambahkan, dalam Operasi Lilin Siamasei 2020, Polres Mateng menyiapkan 3 pos pelayanan. Yakni 2 pospam yang berada di perbatasan dengan Mamuju yakni di Kecamatan Pangale, dan perbatasan dengan Pasangkayu di Kecamatan Karossa. Juga pos pelayanan terpadu di pusat kota yakni di Jalan Trans Sulawesi atau di kawasan Benteng, Tobadak.

‚ÄúKita pastikan kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Mamuju Tengah, jajaran Polri dan TNI, pemkab dan instansi tekait siap¬† mengamankan dan memastikan bahwa kegiatan perayaan hari natal,¬† tahun baru berjalan dengan aman, lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kita harus lebih peduli, jangan sampai kegiatan perayaan natal dan tahun baru menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19,‚ÄĚ tutur Kapolres Mamuju Tengah.

Kapolres juga mengimbau kepada seluruh Aparat dan masyarakat Mamuju Tengah untuk tetap selalu mematuhi protokol di masa pandemi Covid-19. Selalu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta rajin mencuci tangan dengan air bersih.  (ishaka m.toib)