Patroli Dialogis Polresta Mamuju Cegah Covid-19

Personil Satuan Samapta Bhayangkara (Shabara) Polresta Mamuju saat melaksanakan patroli dialogis malam hari penerapan Protokol Kesehatan.

SBCHannel.id, Mamuju ā€“ Satuan Shabara Polresta Mamuju rutin melaksanakan patroli dialogis, utamanya di pada malam hari. Patroli dialogis dilakukan untuk terus menggalakkan sosialisasi Protokol Kesehatan dalam upaya mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

Patroli dialogis dilakukan dengan menyasar sejumlah tempat dan obyek vital. Patroli dialogis merupakan kegiatan rutin satuan shabara polresta mamuju, guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah mamuju.

Dalam patroli ini satuan shabara juga mengkombinasikan dengan operasi yustisi yakni penegakan disiplin protokol kesehatan.


Dalam pelaksanaan patroli bila menemukan ada pelanggaran protokol kesehatan, seperti adanya kegiatan masyarakat yang berkumpul, warga yang tidak memakai masker, dan tidak menjaga jarak, maka akan diimbau untuk segera terapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas.

Sanksi yang diberikan bagi pengguna jalan maupun masyarakat dan petugas keamanan kantor (satpam) yang melanggar protokol kesehatan tersebut mendapatkan teguran secara lisan oleh tim patroli satuan shabara polresta mamuju.

Diharapkan dengan keaktifan Satuan Shabara Polresta Mamuju melalukan patroli dialogis secara Ā rutin, masyarakat akan semakin sadar menerapkan protokol kesehatan saat beraktifitas dengan cara menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta menjauhi kerumunan guna mencegah penularanĀ  covid-19.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 Tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19, dapat dirangkum sebagai berikut:

  1. Jaga kebersihan tangan. Bersihkan tangan dengan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer, apabila permukaan tangan tidak terlihat kotor. Namun, apabila tangan kotor maka bersihkan menggunakan sabun dan air mengalir.
  2. Jangan menyentuh wajah. Dalam kondisi tangan yang belum bersih, sebisa mungkin hindari menyentuh area wajah, khususnya mata, hidung, dan mulut.
  3. Terapkan etika batuk dan bersin. Ketika kita batuk atau bersin, tubuh akan mengeluarkan virus dari dalam tubuh. Jika virus itu mengenai dan terpapar ke orang lain, maka orang lain bisa terinfeksi virus yang berasal dari tubuh kita.
  4. Pakai masker. Bagi Anda yang memiliki gejala gangguan pernapasan, kenakanlah masker medis ke mana pun saat Anda keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain.
  5. Jaga jarak. Untuk menghindari terjadinya paparan virus dari orang ke orang lain, kita harus senantiasa menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.
  6. Isolasi mandiri. Bagi Anda yang merasa tidak sehat, seperti mengalami demam, batuk/pilek/nyeri tenggorokan/sesak napas, diminta untuk secara sadar dan sukarela melakukan isolasi mandiri di dalam rumah.
  7. Jaga kesehatan. Selama berada di dalam rumah atau berkegiatan di luar rumah, pastikan kesehatan fisik tetap terjaga dengan berjemur sinar matahari pagi selama beberapa menit, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan melakukan olahraga ringan. Istirahat yang cukup juga sangat dibutuhkan dalam upaya menjaga kesehatan selama masa pandemi ini. (***)