Obat Alami yang Bisa Anda Gunakan Untuk Penyakit Asam Urat

SBChannel.id РPenyakit asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri serta mengalami pembengkakan terutama di area sekitar persendian.

Tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang laki- laki, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Dalam kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Kadar asam urat yang tinggi dalam darah dikenal dengan istilah medis hiperurisemia. Beberapa orang memerlukan obat untuk mengobati asam urat.

Bagi anda yang mengidap sakit Asam Urat, berikut obat alami yang anda bisa coba dirumah dikutip dari berbagai sumber.


1. Daun Seledri

Daun Seledri dapat digunakan sebagai obat herbal asam urat. Ketika mengonsumsi seledri  kamu tak perlu khawatir karena tidak ada efek samping bagi tubuh.

Kandungan yang terdapat pada tumbuhan obat untuk asam urat satu ini antara lain klorin, asam lemak esensial, inositol, asam folat, seng, vitamin B1 serta vitamin A.

Cara membuatnya kamu cuci bersih lalu rebus sampai airnya mendidih kemudian
saring dan tuangkan ke dalam gelas. Langkah akhir kamu bisa meminumnya sebanyak satu kali dalam sehari dengan rutin agar khasiatnya lebih cepat dirasakan.

2. Jahe

Jahe adalah tanaman herbal yang dipercaya dapat meredakan nyeri karena peradangan pada penderita asam urat. Hal ini diduga karena zat aktif di dalam jahe, yaitu gingerol, gingerdione, dan zingeron, yang bersifat sebagai antiinflamasi. Ketiga zat aktif tersebut bekerja dengan menghambat leukotrien dan prostaglandin di dalam tubuh yang merupakan pemicu inflamasi.

3. Kunyit

Curcumin adalah senyawa kimia antiradang dalam kunyit yang membantu meredakan peradangan. dilansir dari jurnal Arthritis Research & Therapy mendapati bahwa curcumin dapat menekan protein yang disebut protein NF- kappa B

Protein NF-kappa B adalah zat yang menghasilkan peradangan dalam tubuh. Ketika produksi protein tersebut ditekan, peradangan yang disebabkan oleh pengkristalan asam urat di sendi pun dapat mereda.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Selain baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi, air putih juga baik untuk membuang asam urat berlebih dari tubuh.

Dengan memperbanyak minum air putih, tubuh akan menghasilkan lebih banyak urine. Hal ini akan membuat asam urat lebih banyak terbuang melalui urine, sehingga ia tidak menumpuk di dalam tubuh.

5. Buah Dan Sayur Yang Mengandung Vitamin C

Beberapa studi menunjukkan bahwa buah dan sayur yang kaya vitamin C dapat mengurangi kadar asam urat tinggi. Jenis buah yang direkomendasikan untuk penderita asam urat adalah jambu, jeruk, kiwi, mangga, pepaya, nanas, dan semangka.

Sementara itu, sayuran untuk penderita asam urat yang kaya vitamin C adalah bayam, kembang kol, brokoli, kentang, tomat, dan paprika.

6. Garam Epsom

Banyak kalangan merekomendasikan mandi menggunakan garam Epsom untuk mengatasi asam urat. Untuk mencoba garam Epsom, campur 1 hingga 2 cangkir dalam bak mandi. Rendam seluruh tubuh atau hanya sendi tertentu. (***)