Manfaat dan Khasiat Buah Delima untuk Tubuh Kita

BUAH delima yang memiliki nama latin Punica granatum atau popular dengan sebutan buah pomegrante, merupakan jenis buah yang masuk ke dalam kelompok berry. Buah yang memiliki diameter sekitar 5-12 cm dan berbentuk mirip dengan buah ara ini mengandung berbagai nutrisi, seperti protein, karbohidrat, serat, dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk vitamin C, vitamin B kompleks, folat, vitamin E, serta vitamin K.

Buah delima juga mengandung aneka mineral, yaitu kalium, magnesium,Ā zinc, dan tembaga, serta kaya antioksidan polifenol dan antosianin. Tak hanya itu, buah delima juga rendah kalori dan lemak, sehingga memungkinkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah delima yang bisa membuat Anda semakin tertarik untuk mengonsumsinya:


1. Menyehatkan Jantung

Seperti yang sudah kita ketahui dari penjelasan manfaat buah delima di atas, buahnya dilengkapi dengan asamĀ punicicĀ dan asam lemak.

Kedua senyawa di atas dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan memperlancar kinerja pembuluh darah manusia.

Penyakit jantung bisa dicegah dengan meminum segelas jus buah delima atau dengan mengonsumsinya secara langsung.

Kadar kolesterol dalam darah dan di jantung pun akan berkurang seiring berjalannya waktu.

2. Menangkal Radikal Bebas

Antioksidan adalah senyawa yang mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Molekul radikal bebas dapat terbentuk dari polusi udara di lingkungan maupun proses metabolisme alami dalam tubuh.

Dari manapun asalnya, radikal bebas akan merusak bahkan menghancurkan sel sehat di sekitarnya. Molekul tersebut pun dapat memicu penyakit kronis mulai dari obesitas, diabetes melitus, jantung, hingga kanker.

Mengonsumsi delima, secara tidak langsung, akan membantu mengurangi risiko penyakit-penyakit tersebut karena kandungan antioksidannya yang merusak rantai radikal bebas.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terdapat pada delima cukup tinggi. Memiliki nama lain asam askorbat, vitamin C merupakan nutrisi penting untuk mendukung fungsi sistem imun. Manfaat buah delima ini juga sangat membantu untuk ibu hamil.

Satu buah delima setidaknya dapat memenuhi sekitar 40% kebutuhan vitamin C harian Anda. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsilah delima segar, bukan jus kemasan ataupun sirup. Pasalnya, vitamin C bisa pecah dalam proses pasteurisasi.

4. Mencegah Kanker

Selain dipercaya dapat mencegah munculnya penyakit jantung, ternyata jus buah delima juga dipercaya dapat menghambat tumbuhnya kanker, terutamaĀ kanker prostat, kanker kulit, kanker payudara, dan kanker paru.

Jika diminum secara rutin dan disertai dengan diet seimbang. Ini dikarenakan buah delima memiliki kandunganĀ antioksidanĀ yang tidak hanya berguna untuk melawan radikal bebas, tapi juga bisa memperbaiki dan mencegah kerusakan DNA yang dapat memicu munculnya sel kanker.

Bukan tidak mungkin jus buah delima akan memberikan dampak baik bagi kesehatan, terutama dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

5. Merawat Sistem Pencernaan

Buah delima merah bekerja sebagai senyawa penyeimbang asam di dalam perut dan mengurangi peradangan usus.

Manfaat serat yang terkandung di dalam buah delima bisa kamu dapatkan dengan meminum jus.

Selain jus, memakan dagingnya secara langsung juga bisa menenangkan infeksi usus.

Sistem pencernaan yang terjaga akan mencerna makanan lebih baik sehingga usus pun terhindar dari segala macam infeksi.

6. Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

Berkat antioksidannya. Manfaat buah delima dalam melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet ini banyak dicari. Terlalu sering terpapar sinar matahari bisa membahayakan kulit dan menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit.

Hal tersebut juga meningkatkan risiko Anda mengalami tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, garis-garis halus, kulit terbakar, hingga kanker. Zat polifenol pada buah delima membantu mencegah hiperpigmentasi dan flek hitam. (***)