Jaga Situasi Kamtibmas, Aiptu Awaluddin Intensifkan Patroli Malam ke Pemukiman Warga

Aiptu Awaluddin bersama personel Samapta Polres Majene pada kegiatan patroli malam.

MAJENE – Dalam memecahkan akar persoalan kejahatan tentu diperlukan sinergi antara Polri dengan masyarakat dan stakeholder.

Kemitraan Polri dengan masyarakat dan stakeholder karena masyarakat setempat yang paling mengetahui dan merasakan berbagai persoalan kamtibmas di lingkungannya.

Hal ini, sebagai bentuk pendekatan pre-emtif dalam pencegahan kejahatan dilakukan melalui pola kemitraan Polri dengan masyarakat dan stakeholder sehingga proses pembangunan nasional dapat terselenggara dengan baik dan lancar.


Tujuan ini diharapkan Aiptu Awaluddin saat memimpin Patroli malam ke pemukiman warga bersama personel Satuan Samapta Polres Majene.

“Kegiatan patroli, kita aktif melakukan imbauan dan berinteraksi dengan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran kolektif dalam menjaga kamtibmas, terutama di malam hari,” tutur Aiptu Awaluddin, Rabu malam (07/02/2024).

Dijelaskan, patroli malam difokuskan pada upaya pencegahan gangguan keamanan dan Ketertiban Masyarakat (kamtibmas). “Pentingnya keterlibatan aktif masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan,” ujarnya.

Dikatakan, Kepolisian tidak dapat berjalan sendiri dalam menjaga keamanan tanpa dukungan dan kerjasama dari masyarakat. “Untuk itu, kita mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama menjaga kamtibmas,” ajaknya.

Dalam patroli lanjutnya, menyusuri berbagai titik rawan di Kota Majene, serta menyapa warga dan mengimbau tetap menjaga tata tertib keamanan, serta mengingatkan tentang pentingnya saling mengawasi dan melapor jika terdapat hal yang mencurigakan.

“Kepada masyarakat tetap waspada dan tidak segan untuk melapor jika menemui situasi yang mencurigakan. Setiap kepedulian dan partisipasi dari masyarakat sangat berarti dalam menjaga keamanan bersama,” imbau Aiptu Awaluddin.

Ia juga memberikan penyuluhan tentang pencegahan kejahatan, termasuk mengenali modus operandi pelaku kejahatan yang sering terjadi di malam hari.

“Tujuannya tidak hanya untuk memberikan informasi kepada masyarakat, tetapi juga meningkatkan tingkat kesadaran akan pentingnya menjaga keamanan pribadi dan lingkungan,” urainya.

Melalui kegiatan patroli malam yang melibatkan interaksi langsung antara aparat kepolisian dan masyarakat diharapkan dapat menciptakan sinergi yang kuat dalam menjaga kamtibmas.

“Satuan Samapta Polres Majene berkomitmen untuk terus menggelar kegiatan serupa guna menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Kota Majene,” akunya. (hfd)