Berwisata Di Air Terjun Lembah Pelangi

Lembah Pelangi merupakan wisata air terjun yang berada di Desa Sukamaju, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

SBChannel.id ÔÇô Lembah Pelangi merupakan wisata air terjun yang berada di Desa Sukamaju, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Sesuai dengan namanya, lokasi Lembah Pelangi berada di suatu lembah yang menyajikan keindahan berupa air terjun dengan di kelilingi batu- batu besar, dengan lingkungan yang sangat alami berupa pohon pohon besar di sekelilingnya menjadi ciri khas dari wisata satu ini.

Untuk menuju Lokasi wisata dapat di tempuh dengan waktu ┬▒ 3, 5 jam dari Terminal Rajabasa. Selama di perjalanan, kita akan disuguhkan oleh hamparan kebun kopi milik warga dan site-site geothermal milik PT Pertamina Geothermal Eneri.


Yuk bahas geologinya! Di air terjun lembah Pelangi ini di alirannya terdiri dari singkapan batuan beku basaltic yang memiliki struktur columnar joint. Columnar joint adalah salah satu fenomena struktur geologi yang terdiri dari kolom-kolom.

Biasanya berbentuk segi delapan atau hexagonal dan tersusun dengan rapi. hal ini disebabkan karena adanya gaya pengkerutan yang terjadi karena proses pendinginan dan kejadian ini merupakan fenomena langka yang sangat jarang ditemui.

Struktur batuan ini terbentuk karena proses pedinginan lava magma yang langsung berkontak dengan air.

Berdasarkan pengamatan columnar joint tersebut tersingkap dialiran air terjun dari atas sampai bawah. (*)

Sumber : Geo-Wisata Lampung