Khasiat dan Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Tubuh Kita

SBChannel.id РTahukah kamu, ada banyak manfaat bawang putih tunggal untuk kesehatan Mulai dari kanker hingga kolesterol, bisa kamu atasi dengan bawang satu ini.

Tak sedikit juga orang yang tidak mengetahui mengenai bawang putih tunggal, mungkin beberapa dari kita pernah melihat dan menilai bahwa bawang tersebut seperti bawang putih pada umumnya, padahal bawang putih tunggal merupakan obat yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Berikut manfaat dari bawang putih tunggal.


1. Mencegah Dan Melawan Kanker

Bawang putih secara inheren mengandung senyawa organosulfur bernama diallyl trisulfide yang membantu melawan kanker dengan membantu tubuh untuk membunuh sel-sel kanker.

Para peneliti di University of North Carolina telah menemukan bahwa pasien yang mengkonsumsi bawang putih memiliki kemungkinan 66,67% lebih rendah untuk terkena kanker.

National Cancer Institute mengatakan bahwa konsumsi bawang putih secara teratur mengurangi risiko berbagai kanker hingga kurang lebih 50%.

Kandungan dalam bawang putih tunggal ini pun sama dengan senyawa belerang yang membantu melawan sel-sel kanker dalam tubuh.

2. Mengatasi Diabetes

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi bawang putih tunggal 2-3 buah secara teratur membantu menurunkan dan mengendalikan kadar gula darah.

Kandungan allicin dengan vitamin B juga tiamin memicu pankreas untuk menghasilkan insulin dalam tubuh, sehingga membantu tubuh untuk melawan diabetes secara efektif

3. Mengobati Penyakit Jantung Dan Darah Tinggi

Kandungan di dalam bawang putih tunggal juga efektif mengatasi penyakit jantung dan darah tinggi. Perlu kamu pahami, jika di dalam tubuh terlalu banyak kolesterol jahat, seseorang rawan terkena serangan jantung.

Karena terjadi penumpukan plak dan gumpalan dalam jaringan otot jantung dan darah mengental.Maka dari itu, dengan berkurangnya kolesterol LDL dan trigliserida dalam tubuh, risiko serangan jantung bisa diminimalisir.

Tak hanya itu, rileksnya jaringan otot akan mengurangi tekanan darahmu dan membuatnya stabil di batas normal.

4. Dapat Menurunkan Berat Badan

Bawang putih juga diyakini sebagai asupan wajib untuk kamu yang menjalani program diet.

Hal ini karena di dalamnya terdapat zat yang akan membantu mencegah terbentuknya lemak baru.

Sehingga, tubuh akan memakai lemak cadangan yang sudah tersimpan di otot untuk beraktifitas.

Pada akhirnya, lemak cadangan akan habis, sehingga yang tersisa dalam tubuhmu hanyalah otot.

5. Menyembuhkan Batuk Dan Pilek

Menurut penelitian, manfaat bawang putih tunggal bisa membantu mengurangi risiko batuk dan pilek lebih dari 50% bila dikonsumsi secara teratur.

Selain itu, dilansir dari Healthline, bawang putih tunggal bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga mampu mengurangi kemungkinan terinfeksi oleh penyakit lain.

Bawang putih memiliki kandungan senyawa alliinase dan alliin, yang mana mampu menciptakan senyawa kuat yang disebut allicin saat bawang putih tunggal ini dihancurkan.

Senyawa ini bisa membantu kita meredakan batuk dan pilek. Hancurkan dua buah bawang putih tunggal, masukkan ke dalam air gelas, kemudian kita konsumsi secara rutin dua kali sehari, maka mampu menyembuhkan batuk dan pilek dengan cepat. (***)