Upaya Peningkatan Pelayanan Pasien, RSUD Majene Laksanakan In House Training

In House Training

MAJENE – Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majene terus berupaya meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat di daerah ini.

Upaya peningkatan mutu  pelayanan ini, demi keselamatan pasien untuk bersatu membangun RSUD Majene melalui penerapan standar akreditasi rumah sakit.

“RSUD Majene saat ini melaksanakan In House Training dimulai tanggal 28 November sampai 10 Desember, dengan penerapan standar akreditasi Rumah Sakit,” sebut dr. Nurlinah Direktur RSUD Majene di Aula RSUD Majene, Jumat (09/12/2022).


Dijelaskan, kegiatan In House Training diikuti sebanyak 684 orang atau seluruh karyawan Keselamatan Pasien (Patient Safety) menjadi standar utama, mengingat standar keselamatan pasien wajib diterapkan di rumah sakit.

“Untuk penilaiannya menggunakan Instrumen standar akreditasi rumah sakit, sehingga perlu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia,” jelasnya.

Hal ini lanjutnya, demi meningkatkan pelayanan ke masyarakat dengan menerapkan komunikasi efektif dengan pemberian edukasi ke pasien, hak pasien dan keterlibatan keluarga dalam pengambilan keputusan,  pelatihan bantuan hidup dasar, penatalaksanaan nyeri , penggunaan apar, penerapan early warning score, pencegahan dan pengendalian infeksi.

“Dalam kegiatan ini, melibatkan sejumlah pemateri yang sudah terlatih, diantaranya dr.Ahmad, SpAn, Murniati S.Kep, Ns, Hj Santi Sari, S.ST, Ns, Drg. Denny Tri Wulandari, SpPerio, dr Amelia, Zainuddin Hasan, S.SI, Ikram S.ST, Afifah Bunga Fathimah S.Kom, Maryati S.Kep,  Ns, M.Kep, dr Muh Amjad dan dr Evy Adrianti SpPK,” sebutnya.

dr. Nurlinah mengatakan, melalui In House Training, selain untuk meningkatkan mutu pelayanan, juga untuk merefresh kembali ilmu-ilmu bagi para tenaga medis dan non medis, sehingga dapat mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan dan dilakukan ketika terjadi kegawat daruratan.

“Seperti halnya, pemberian pertolongan pertama maupun penanganan dan pencegahannya. Dengan adanya In House Training seluruh karyawan diharapkan akan terus meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien dengan selalu memberikan pelayanan prima dengan kasih,” harapnya. (hfd)