Pasar Ramadan, Ricky: BRI Terus Membangkitkan Ekonomi Masyarakat

Wakil Bupati Majene Aris Munandar bersama Pimpinan Cabang BRI Majene Ricky saat membuka pasar Ramadhan di Pasar Sentral Majene.

MAJENE – PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus menyosialisasikan penggunaan sistem Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

Penggunaan Qris ini, mengingat potensi pasar memiliki beberapa peluang, seperti peluang pungutan retribusi pasar serta peluangĀ closed payment pasar dengan transaksiĀ non tunai.

Saat ini transaksiĀ Qris terutama para pedagang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masih membutuhkan dorongan sosialisasi yang kuat.


Dengan begitu, BRI Cabang Majene menggelar Pasar Ramadan di Pasar Sentral Majene dengan menghadirkan berbagai macam produk dari UMKM di Majene, mulai dari makanan hingga hiasan.

Pimpinan Cabang BRI Majene Ricky Elfianda mengatakan, semua UMKM yang berpartisipasi dalam kegiatan pasar Ramadan merupakan UMKM binaan BRI Majene.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Kementerian UMKM untuk mendukung aktivitas ekonomi di bulan puasa, jadi kita di BRI diminta untuk membangkitkan ekonomi selama bulan Ramadan,” terang Ricky, Senin (03/04/2023).

Pasar Ramadan lanjutnya, digelar sejak 1 hingga 16 April. “Jadi ini memang salah satu kegiatan BRI ditengah masyarakat untuk memajukan ekonomi,” ujarnya.

Dijelaskan, pasar Ramadan 1444 Hijriyah tidak menggunakan transaksi tunai tetapi mengedepankan transaksi non tunai.

“Konsepnya BI pelan-pelan agar masyarakat menggunakan transaksi non tunai, dengan harapan masyarakat dan pedagang belajar tentang tata cara mengunakan Qris dengan baik dan benar,” jelasnya.

Kegiatan pasar Ramadan juga mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Majene Aris Munandar yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan para pelaku UMKM di Majene.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Majene sangat menginspirasi dengan pelaksanaan pasar Ramadan sebagai salah satu berkah di bulan Ramadan, dengan adanya Pasar Ramadhan ini juga dapat memberdayakan masyarakat dan UMKM sehingga ekonominya bisa meningkat,” ucapnya.

Hadir dalam pembukaan pasar Ramadan, Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagrin) Majene Busri, serta sejumlah staf BRI Cabang Majene.Ā  (hfd)