‘Your Biggest Enemy is Yourself’, Nasihat Ridwan Kamil kepada 5.000 Maba ITB

KABUPATEN SUMEDANG– Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi wejangan kepada 5.000 mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung saat membuka Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM) ITB 2023, di lapangan bola ITB Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (16/8/2023).

Pertama, musuh terbesar dalam hidup bukan orang lain melainkan diri sendiri.  Diri sendiri lah yang kerap menyebabkan mahasiswa gagal menjadi sosok dengan pribadi positif.

“Ini nasihat yang terus saya sampaikan ke kedua anak saya, your biggest enemy is yourself, bukan orang lain. Dirimu yang malas, dirimu yang gampang patah, dirimu yang sombong, yang julid, yang flexing (pamer), yang tidak toleran, dan semua sisi negatif yg ada pada dirimu itulah musuh terbesarmu,” ujar Ridwan Kamil.


Menurutnya, dalam perjalanan selama berkuliah akan berhadapan dengan ‘musuh-musuh’ tersebut, yang meruntuhkan semangat meraih cita-cita menjadi sarjana juga mengabdi pada bangsa dan negara melalui keilmuan.

Gubernur juga berpesan sukses itu multidimensi dan teknologi menjadi salah satu pengaruh besar terhadap kemajuan zaman. Harapannya agar mampu menguasai teknologi dalam meraih cita-cita.

“Teknologi bisa dipakai kebaikan, bisa dipakai dengan kejahatan. Teknologi bisa memberitakan hal baik, tapi juga memberitakan hoaks berita bohong di mana-mana,” kata Ridwan Kamil.

Pesan lain, mahasiswa harus kerja tuntas dengan menuntaskan perkuliahan sampai lulus dan membuat bangga orang tua yang sudah membiayai. “Saya doakan, 5.000-an mahasiswa yang datang hari ini dan 5.000 mahasiswa berikutnya diwisuda dengan jumlah yang sama,” pungkas Ridwan Kamil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *