Akibat Gempa dan Hujan Deras
Warga Desa Limboro Bersihkan Material Longsor

oleh -9 Dilihat

MAJENE, Guncangan gempa bumi disertai hujan deras yang mengguyur wilayah  Sulawesi Barat, menyebabkan tebing di pinggir jalan poros Trans Sulawesi longsor termasuk jalan wilayah pedesaan.

Timbunan longsor juga menutupi jalan di Dusun Rambu-rambu Desa Limboro Kecamatan Sendana terisolir akibat gempa bumi dan hujan deras. “Jalan ini menembus ke Ibukota Sendana termasuk di Desa Paminggalan,” terang Sarman Kasi Kesra Desa Paminggalan Kecamatan Sendana, Senin (18/01/21).

Untuk melancarkan kembali aktivitas warga desa setempat lanjutnya, telah melakukan gotong royong dengan membersihkan material longsor yang menutupi jalan penghubung antar dusun itu. “Tidak ada korban jiwa akibat tebing longsor karena saat kejadian tidak ada warga beraktivitas di sekitar lokasi. Namun longsoran tanah menutupi jalan dan perlu dilakukan evakuasi,” kata Sarman.

Ia menjelaskan, material longsor yang menutupi jalan di Dusun Rambu-rambu, diakibatkan guncangan gempa bumi disertai hujan dengan intensitas tinggi. “Evakuasi dilakukan pemerintahan desa bersama dengan warga desa setempat. Setelah berlangsung selama beberapa jam, material longsor yang menutup jalan berhasil dievakuasi. Selanjutnya jalan bisa kembali dilalui kendaraan,” jelasnya.

Ia mengimbau, kepada masyarakat agar waspada terjadinya bencana alam. Mengingat cuaca akhir-akhir ini sering turun hujan berpotensi menyebabkan tanah longsor khususnya di daerah rawan bencana. “Semoga bencana gempa tidak lagi terjadi, apalagi saat ini masih musim penghujan,” harapnya.