Rabu, 19 Januari 2022

Varian Baru Mengintai, Tetap Waspada

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar, drg. Asran Masdy

MAMUJU – Trend penurunan kasus covid-19 jangan sampai melemahkan kewaspadaan dan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan.

Hadirnya varian baru Omicron, di sejumlah negara mesti menjadi warning untuk meningkatkan kewaspadaan bersamaa.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar, drg. Asran Masdy mengajak masyarakat tetap mengedepankan kedisiplinan dan kewaspadaan menghadapi perkembangan pandemi saat ini.

“Masyarakat diminta tetap tetap waspada karena muncul varian baru, yang bisa saja menyebabkan tsunami pandemi. Sudah terjadi di beberapa negara di sekitar Asia. Semoga tidak di Indonesia,” kata Asran saat dikonfirmasi Kamis 2 Desember.

Meski belum terdeteksi di Indonesia, kehadiran varian baru perlu menjadi perhatian semua pihak, termasuk Indonesia. Sehingga protokol kesehatan dan vaksinasi harus terus digencarkan.

“Kita harus siap menghadapi itu. Kita harus tetap protokol kesehatan kemudian vaksinasi. Harus menjadi perhatian bersama agar direspon dengan penguatan penerapan protokol kesehatan,” sebut drg. Asran.

Penanganan pandemi saat ini, menurutnya sudah berjalan baik dan diharapkan bisa terus terjaga. Itu juga berkat kerja keras seluruh pihak, utamanya TNI, Polri, para tenaga medis bersama stekholder yang bergerak melakukan vaksinasi dan edukasi protokol kesehatan.

“Saya berharap seluruh pihak tetap pada semangat kebersamaan yang ada dalam rangka menghadapi Covid-19,” imbuh Kepala Dinkes Sulbar.

Untuk itu, Asran mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan rajin mencuci tangan.

Dia menambahkan, vaksinasi masih akan dipacu agar target 70 persen hingga Desember 2021 bisa tercapai.

“Ketersediaan vaksin di Sulbar masih cukup. Kita intens melakukan koordinasi ke pusat utamnya mengenai ketersediaan vaksin,” sambung drg. Asran.

Kapolda Sulbar, Irjen Pol Eko Budi Sampurno telah mengutarakan bahwa pihak kepolisian di provinsi ke-33 akan terus berupaya menggencarkan vaksinasi presisi dengan menggerakkan seluruh kekuatan yang dimiliki.

Terkait penanganan pandemi, Kabid Humas Polda Sulbar, Kombes Pol Syamsu Ridwan menerangkan bahwa Polda Sulbar telah melakukan rapat koordinasi bersama seluruh aparat dan Pemprov Sulbar dalam rangka meyambut Nataru.

“Itu sebagai langkah antisipasi terjadinya lonjakan kasus akibat kelalaian protokol kesehatan,” paparnya.

Kombes Syamsu mengimbau masyarakat agar berdiam di rumah saja saat libur natal 2021 dan tahun baru 2022. (ish)