Selasa, 07 Desember 2021

Vaksinasi Mulai Jadi Gaya Hidup Remaja

Sejumlah remaja tampak mengikuti vaksinasi di aula kantor Desa Saptanajaya, Kecamatan Doripoku, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat, Kamis 18 November 2021.

PASANGKAYU – Selain menjadi kebutuhan penting dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, vaksinasi juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup khususnya bagi kalangan remaja.

Ini bisa dilihat dari pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat. Sebanyak 90 remaja berusia 12 hingga 17 dan menerima vaksinasi tahap pertama maupun kedua, Kamis 18 November 2021.

Vaksinasi atas kerjasama Kodim 1427 Pasangkayu dengan Puskesmas Doripoku, dipantau langsung Kepala Puskesmas Doripoku Usman, Sekdes Saptanajaya Rahman Hakim, dan Babinsa Serda Jemi Yehezkiel. Berlangsung di aula kantor Desa Saptanajaya, Kecamatan Doripoku, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat.

Usman menuturkan, setelah dimulainya vaksinasi kelompok anak sekolah, ia melihat antusias mereka tidak kalah dengan kelompok masyarakat umumnya. Ini dibuktikan, banyaknya remaja yang berusia mulai dari 12 hingga 17 tahun mengikuti vaksinasi tahap pertama maupun kedua.

“Kalau kita melihat, antusias remaja dan lansia untuk mengikuti vaksinasi tidak kalah dengan kelompok lainnya. Hari ini (kemarin, red) kita melakukan vaksinasi tahap pertama kepada 90 remaja dan lansia di Desa Saptanajaya. Alhamdulillah kesadaran adik-adik dan lansia untuk bersama melawan Covid 19 khususnya di Pasangkayu luar biasa,” tutur Usman.

Menurutnya, vaksinasi yang diprioritaskan untuk remaja dan lansia ini adalah dalam rangka berjalannya kembali sekolah tatap muka di sekolah.

“Paling tidak, jika semua anak sekolah divaksin sebelum melakukan pembelajaran tatap muka, bisa mengurangi penyebaran Corona Virus Disease khususnya di Kecamatan Doripoku dan pada umumnya di Kabupaten Pasangkayu,” tuturnya.

Selain memaksimalkan program vaksinasi, Usman juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Salah satu peserta, Kadek Mus mengaku bangga bisa mengikuti vaksinasi. Kata dia, program vaksinasi sangat penting untuk melawan penyebaran Covid-19.

Selain itu, sambung Mus, mengikuti vaksinasi juga menambah kepercayaan diri saat beraktivitas di luar utamanya saat belajar tatap muka di sekolah.

“Vaksinasi ini bisa menjadi upaya melindungi diri dari bahaya Covid-19 saat berada di luar utamanya saat mengikuti belajar tatap muka di sekolah. Di kalangan teman-teman saya, mengikuti vaksinasi juga menjadi gaya hidup, kita bangga punya sertifikat vaksin,” kata Mus yang mengikuti vaksinasi tahap kedua.

Pemulihan Ekonomi

Sementara itu, dalam rangka mendukung pencepatan penanganan Covid-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju, Kapolda Sulbar Irjen Pol Eko Budi Sampurno bersama rombongan menggelar vaksinaai sekaligus memantau langsung vaksinasi di Kabupaten Pasangkayu, Kamis 18 November 2021.

Program vaksinasi melalui Gerai Vaksin Presisi Bhakti Kesehatan Bhayangkara untuk Negeri, juga dihadiri Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa, Kapolres Pasangkayu AKBP Didik Subiyakto, Dandim diwakili Danramil 1427-03 Baras Kapten Inf Hasan dan Kadis Kesehatan Pasangkayu Samhari. Berlangsung di kantor Camat Baras dan Sarudu, Kabupaten Pasangkayu.

Kapolda Sulbar Eko Budi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Pasangkayu dalam upaya bersama menangani penyebaran Covid-19.

“Untuk itu saya meminta lebih meningkatkan lagi teknis dan cara mengatasi penyebaran virus Covid-19. Sehingga bisa jadi contoh atau acuan kepada pemerintah kabupaten lain yang ada di Sulbar, khususnya bagaimana cara mengatasi atau memutus Covid-19 yang tepat,” ucap Eko.

Eko Budi menambahkan bahwa vaksinasi adalah program nasional yang dijalankan pemerintah pusat. Oleh sebab itu semua pemerintah di daerah khususnya di Provinsi Sulbar.

“Pada intinya, kita harus bergotong royong bersama semua pihak tanpa terkecuali, menggenjot vaksinasi kepada masyarakat dalam mengatasi penularan Covid-19 ini, khususnya di Sulbar,” pinta Kapolda.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa juga mengucapkan rasa terima kasih kepada semua elemen baik pemerintah maupun masyarakat atas partisipasi dan antusiasnya selama ini menerima vaksin.

“Saya mewakili pemerintah kabupaten menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah Kecamatan Baras dan Sarudu karena sudah menyiapkan tempat sarana vaksinasi Covid 19. Dan kepada masyarakat antusias mengikuti vaksinasi dalam memutus penularan Covid-19 yang berada di wilayah Pasangkayu,” tandas bupati. (nas)