Syafruddin Kukuhkan BKN Majene

Kakanwil Kemenag Sulbar H. Syafruddin Baderung foto bersama setelah mengukuhkan BKN Kabupaten Majene.

MAJENE – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Barat H. Syafrudin Baderung mengukuhkan pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Kabupaten Majene.

Kepala Kantor Kemenag Majene H. Mustapa Tangngali juga Ketua BKM Majene bersama para anggota pengurus BKM Kabupaten Majene periode 2023-2027 ini dikukuhkan di Aula Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Majene, Sabtu (19/08/2023).

Kakanwil Sulbar H. Syafrudin Baderung dalam arahannya, BKM sudah ada melalui Peraturan Menteri Agama Nomor 54 Tahun 2006. “BKM adalah organisasi yang dibentuk Kemenag dan tidak mengganggu organisasi yang sudah ada,” ujarnya.


Dituturkan, dewan masjid tidak memiliki nomenklatur dari Kemenag, karena dewan masjid berdasarkan SK Kemenkumham, masjid harus kita kembalikan kepada fungsi yang sebenarnya, ketika ada di masjid kita membicarakan inspirasi agama dari relung hati, seperti ekonomi keumatan, kesejahteraan dan kehidupan masyarakat,” pintanya.

Ia mengemukakan, masjid fungsinya kepada imamnya dengan membuat inovasi agar anak-anak cinta masjid setelah selesai salat. “Seperti apa itu masjid dibuat menarik, makanya BKM dibentuk karena menjadi mitra pemerintah,” terangnya.

Sementara, Wakil Bupati Majene Aris Munandar Kalma menyampaikan, akan berkolaborasi dengan Kemenag Majene dan seluruh BKN untuk pengembangan masjid.

“Ke depannya baik sumber daya maupun sarana prasarananya, pembinaan sangat diperlukan bagi imam Mesjid untuk membina generasi muda kita,” akunya.

Hadir dalam pengukuhan, mewakili Kabid Bimas Islam Sulbar, H. Khalid Rasyid dan para peserta yang di kukuhkan. (hfd)