Selasa, 07 Desember 2021

Program Vaksinasi Butuh Dukungan Semua Pihak

Vaksinator Puskesmas Rangas Mamuju, melakukan vaksinasi covid bagi pelajar, Selasa 16 November 2021.

MAMUJU — Penanganan Covid-19 secara efektif dan maksimal akan berimbas pada pertumbuhan ekonomi yang positif.

Target-target program penanganan pandemi saat ini akan terealisasi dengan baik bila mendapat dukungan seluruh elemen masyarakat. “Terutama yang saat ini juga berlangsung di daerah kita, yakni vaksinasi covid. Ini masih harus dipercepat pencapaiannya secara kolaboratif semua stakeholder,” ujar Legislator Sulbar, Risbar Berlian Bahri, di Mamuju, Selasa 16 November.

Data bulan ini menunjukkan bahwa capaian vaksinasi sudah menyentuh 438.969 orang atau 40,30 persen untuk dosis I dan 234.658 orang (21,54 persen) penyuntikan dosis II. Total Sasaran vaksinasi Sulbar, tercatat 1.089.240 jiwa.

Melihat kondisi tersebut, Risbar yang merupakan anggota dewan dari Fraksi NasDem mengajak masyarakat luas untuk turut serta mendukung dengan mengampanyekan pentingnya vaksinasi.

“Perluasan vaksinasi ini juga menjadi salah satu kunci pencegahan gelombang ketiga yang harus jadi perhatian secara bersama-sama,” ujar Anggota Komisi IV DPRD Sulbar yang membidangi sektor kesehatan.

Menurutnya, hal penting mempercepat target vaksinasi diataranya terkait dosis vaksin, distribusi, ketersediaan vaksinator, dan terpenting adalah sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat luas.

“Alhamdulillah vaksin informasinya masih tersedia, tenaga lapangan juga selalu standby, sisa bagaimana kita semua bekerja sama dalam mengajak masyarakat agar mau divaksin. Ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah sampai di tingkat desa, tapi simpul-simpul masyarakat juga kita harap bisa ikut terlibat,” papar Risbar.

Dikatakan bahwa semakin banyak masyarakat yang menerima vaksin tentu akan berdampak positif dalam pengendalian covid.

“Selain itu, karena kita masih berda di masa pendmi penerapan protokol kesehatan juga masih perlu dilakukan, seperti pakai masker, menjaga jarak, jangan dulu sering keluar daerah kalau tidak perlu,” imbuh Figur muda asal Polewali Mandar itu.

Risbar juga tetap mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta rajin mencuci tangan.

Diketahui, pemerintah kini tengah berupaya mengantisipasi potensi lonjakan kasus pada akhir tahun yang juga perlu diwaspadai.

Sampai kemarin, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 masih dipacu di seluruh wilayah Sulbar, termasuk di Puskesmas Rangas, Kabupaten Mamuju.

Salah satu vaksinator Puskesmar Rangas, Fitin menyebutkan bahwa pihaknya selalu menyediakan tempat bagi warga yang hendak melakukan vaksinasi.

“Teman-teman tenaga medis rutin berjaga, juga selalu siap melakukan penyuntikan pada kegiatan-kegiatan vaksinasi massal,” sebutnya.

Ia berharap masyarakat tidak khawatir dengan vaksin covid karena telah melalui serangkaian tes dan telah mendapat rekomendasi dari pihak-pihak terkait.

“Vaksinasi ini untuk meningkatkan antibodi agar terhindar dari korona. Efektif mengurangi dampak virus jika terpapar, kematian. Tidak perlu takut divaksin,” tandasnya. (nas)