Program Minggu Kasih, Polres Majene Respon Keluhan Nelayan

Kanit Bhabinkamtibmas Satuan Binmas Polres Majene Ipda Fitrah saat berdialog dengan para warga nelayan di Lingkungan Rangas.

MAJENE – Langkah upaya Kepolisian Resor (Polres) Majene tidak hanya menjalankan tugas sebagai penegakkan hukum, namun juga mendengarkan keluhan masyarakat di wilayah hukumnya.

Upaya merespon masalah melalui program Minggu kasih, pihak Polres Majene menyasar ke Lingkungan Rangas Timur Kelurahan Rangas Kecamatan Banggae merupakan contoh konkret dari komitmen Polri dalam mendukung nelayan, Minggu (08/10/2023).

Program Minggu kasih ini dipimpin Kanit Bhabinkamtibmas Satuan Binmas Polres Majene Ipda Fitrah dengan melakukan dialog bersama masyarakat nelayan setempat.


“Keluhan utama yang diungkapkan warga nelayan adalah kesulitan mendapatkan BBM (Bahan Bakar Minyak) jenis solar. Masalah ini yang memengaruhi keberlanjutan usahanya, karena kegiatan melaut memerlukan pasokan BBM yang memadai,” terangnya.

Mendengar keluhan warga nelayan setempat, Ipda Fitrah menuturkan, bahwa Polri akan terus berupaya untuk menyelesaikan permasalahan yang dialaminya. “Kami sangat memahami betapa pentingnya BBM jenis solar bagi nelayan,” tuturnya.

Ia mengaku, akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan ketersediaan BBM, agar nelayan setempat dapat melanjutkan pekerjaan dengan lancar.

“Minggu kasih ini juga menjadi wadah bagi Polri untuk memahami lebih baik tantangan dan kebutuhan yang dihadapi masyarakat nelayan,” ujarnya.

Dijelaskan, program Minggu kasih salah satu langkah upaya bersama untuk meningkatkan keamanan maritim, kesejahteraan nelayan, serta pelestarian sumber daya laut.

“Komitmen Polri dalam mendengarkan dan merespon keluhan nelayan adalah langkah positif yang menunjukkan bahwa Polisi bukan hanya penegak hukum, tetapi juga mitra yang peduli terhadap masyarakat. Semoga upaya ini akan membawa perubahan positif dalam kehidupan para nelayan,” harapnya. (hfd)