Selasa, 07 Desember 2021

Pihak Sekolah Diminta Perkuat Edukasi Vaksin

Vaksinator memeriksa salah satu warga pada kegiatan vaksinasi massal di Lapangan Ahmad Kirang Mamuju, belum lama ini.

MAMUJU – Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Mamuju terus mengalami peningkatan. Berbagai cara pun terus dilakukan agar memenuhi target, minimal 70 persen.

Antusiasme masyarakat dan pelajar untuk mengikuti vaksinasi di Kabupaten Mamuju diharap terus meningkat.

Hal itu disampaikan koordinator lapangan satuan tugas Covid-19 Kabupaten Mamuju, Alamsyah Thamrin, yang juga Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian penyakit menular Dinkes Mamuju.

“Capaian vaksinasi tertinggi dari enam kabupaten adalah Mamuju, sudah mencapai 50,14 persen atau 105.095 orang telah vaksin,” kata Alamsyah, Selasa 16 November.

Diketahui, total target sasaran vaksinasi secara keseluruhan di Kabupaten Mamuju, yakni 211.371 orang.

Alamsyah menjelaskan vaksinasi massal digelar di lapangan Ahmad Kirang, cukup maksimal, Selain itu kerjasama antara TNI, Polisi dan lembaga lainya, juga sangat membantu dalam mencapai target.

Namun vaksinasi dikalangan pelajar di Mamuju, masih sangat rendah, Sasaran vaksinasi untuk pelajar/remaja di Mamuju 32.324 orang.

Sementara capaian dosis satu masih berada di anggka 13.766 orang atau 42, 59 persen. Capaian dosis dua 6.804 orang atau 21,05 persen.

“Kita masih sangat rendah untuk remaja, masih di bawah 50 persen dari target,” ujarnya.

Alamsyah mengungkapkan, faktor berita bohong atau hoax jadi penyebab rendahnya vaksinasi dikalangan pelajar, Sebab, remaja sangat mudah mengakses informasi melalui media sosial menggunakan smartphone.

“Serta kadang para pelajar tak dapat izin dari orangtuanya untuk vaksin,” ungkapnya.

Untuk itu, Alamsyah mengimbau kepada pihak sekolah dan orang tua siswa untuk sadar vaksinasi dan selalu menerapkan protokol kesehatan. Yakni selalu memakaimasker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Mengantisipasi hal itu, pihak sekolah di Mamuju diminta untuk gencar melakukan sosialisasi kepada orangtua pelajar tentang manfaat vaksin.

Selain itu Polresta Mamuju juga menyediakan gerai vaksinasi di tempat keramaian, bahkan sweping vaksin juga massif dilaksankan.

Adapun target sasaran vaksinasi Mamuju secara keseluruhan yakni 211.371 orang. Dosis pertama mencapai 105.095 orang atau 50,04 persen. Dosis dua lebih rendah lagi, baru mencapai 49,438 orang atau 23,45 persen. (nas)