Selasa, 07 Desember 2021

Pelaksanaan KSM Harus Perhatikan Prokes Covid-19

Penyerahan Piala Bergilir Kepada Kepala Kantor Kemenag Majene periode sebelumnya Dr. H. Adnan Nota, dilanjutkan ke Kepala Kantor Kemenag Majene H. Mustapa Tangngali.

MAJENE – Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Sulawesi Barat yang dipusatkan di Kabupaten Majene harus memperhatikan protokol kesehatan covid-19. Peserta KSM adalah pelajar tingkat madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiah dan madrasah aliyah.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) Prof. Dr. H.M. Ali Ramadhani membuka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2021 tingkat Nasional secara virtual. Khusus Provinsi Sulbar, dipusatkan di Aula LPMP Sulbar di Majene, Sabtu (23/10/21).

“Kegiatan KSM Nasional ini, diikuti sebanyak 11 peserta yang terdiri dari beberapa kabupaten,” terang ketua panitia Andi Syahrul.

Adapun Peserta KSM yakni Amira Nurul Afifah dari MIS DDI 362 Sumberjo Kabupaten Polewali Mandar dengan Mata Pelajaran (Mapel) matematika terintegrasi.

Rafika Mumtazah dari MIS Guppi Teppo Kabupaten Majene dengan mapel IPA Terpadu terintegrasi. Muh Sigit Jayanto MTSS DDI Malunda Kabupaten Majene dengan mapel matematika terintegrasi. Fijriani MTSS P3A Guppi Rangas Kabupaten Majene dengan mapel IPA Terpadu Terintegrasi.

Selanjutnya, Anas Mukarram dari MTSS AL-Ma’arif Korossa Kabupaten Mamuju Tengah dengan mapel IPS Terpadu Terintegrasi. Asmaul Husna MAS Al-Fauziah Talippuki Kabupaten Mamasa. Juliana MAS Yyadi Cabang Funju Kabupaten Pasangkayu dengan mapel Biologi Terintegrasi.

Muh. Altaf Najillah Aco dari MAN 1 Kabupaten Majene dengan mapel Fisika Terintegrasi. Devi Febrianti dari MAS DDI Baruga Kabupaten Majene dengan mapel Kimia Terintegrasi.  St Nurhaliza dari MAS Yadi Cabang Funju Kabupaten Pasangkayu dengan mapel Ekonomi Terintegrasi dan Alfitra Ramadan dari MAS Yahma Uhailanu dengan mapel Geografi Terintegrasi.

Dijelaskan Syahrul, kegiatan KSM dengan tema Integrasi Sains dan Islam Menuju Madrasah Mandiri Berprestasi, nantinya diserahkan piala, sertifikat dan uang Pembinaan kepada para juara KSM tingkat Provinsi Sulbar 2021 dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil) Kemenag Sulbar Dr. H. Muflih B. Fattah, di dampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemenag Sulbar Hj. Farhana Massiara

“Penyerahan Piala Bergilir Kepada Kepala Kantor Kemenag Majene periode sebelumnya Dr. H. Adnan Nota, di lanjutkan ke Kepala Kantor Kemenag Majene H. Mustapa Tangngali,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kakanwil Kemenag Sulbar Muflih B Fattah mengharap, kepada Kepala Kantor Kemenag Kabupaten, Kepala Seksi Kemenag dan Kepala Madrasah untuk mendoakan peserta untuk dapat lolos dan mewakili Provinsi Sulbar di Event Nasional.

“Ajang ini adalah bagaimana kita mengukur kemampuan anak-anak khususnya siswa-siswi madrasah. Kita berharap pula tahun depan lebih banyak lagi yang lolos dan memacu kualitas peserta didik dari tahun ke tahun,” harap mantan Kepala Bidang Haji dan Umrah Kemenag Provinsi Sulbar itu.

Muflih juga menekankan agar pelaksanaan KSM tingkat Provinsi Sulawesi Barat dilaksanakan dengan protokol kesehatan covid-19. Baik peserta maupun dewan juri dan panitia harus selalu memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.

Hadir dalam virtual, Kepala Kantor Kemenag Majene H. Mustapa Tangngali, Kemenag Kabupaten Mamasa Dr. H. Adnan Nota, Kepala Kantor Kemenag Mamuju H. Mahmuddin, Kepala Kantor Kemenag Mamuju Tengah Drs. H. Muliadi, Kepala Kantor Kemenag Pasangkayu H. Syamsuri Halim, Ketua Dharma Wanita, Kabupaten, Kepala Seksi Kemenag Provinsi dan Kabupaten, Kepala Madrasah Negeri Se-Provinsi Sulbar dan pendamping setiap peserta KSM. (ish)