Selasa, 07 Desember 2021

Operasi Zebra Hingga 28 November

 Sejumlah anggota Ditlantas Polda Sulbar dalam operasi zebra di area Kota Mamuju, Senin 15 November 2021.

MAMUJU – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulbar, kemarin, mulai menggelar Operasi Zebra Marano.

Fokus operasi terkait edukasi masyarakat patuh berkendara dan disiplin protokol kesehatan Covid-19. Bakal digelar hingga 28 November mendatang.

Jajaran Polda berkomitmen melaksanakan operasi lebih humanis, sebagai upaya mengurai terjadinya kerumunan apabila dilakukan razia.

Itu disampaikan Kapolda Sulbar, Irjen Pol Eko Budi Sampurno dalam apel pasukan sebagai upaya memastikan kesiapan personel dan sarana pendukung operasi lainnya.

“Operasi yang bersandi ‘Zebra Marano 2021’ ini rencananya akan berlangsung selama 14 hari kedepan, terhitung mulai hari ini hingga tanggal 28 November yang serentak berlangsung di seluruh Kabupaten di Wilayah Sulawesi Barat,” papar Kapolda di Lapangan apel Mapolda Sulbar, Senin 15 November.

Eko menjelaskan, operasi Zebra tahun ini berbeda, jika tahun sebelumnya operasi menargetkan 80 persen giat Preemtif dan 20 persen giat preventif, tahun ini diubah menjadi 100 persen tindakan simpatik humanis.

Ia memastikan, sasaran dari operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi terjadinya pelanggaran, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas serta segala bentuk kegiatan yang dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19.

Terkait dengan permasalahan pandemi, kapolda meminta personel agar mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif, simpatik dan humanis dalam menyampaikan Program-program Pemerintah yang berkaitan dengan upaya menekan Covid-19.

“Operasi tahun ini 100 persen dilakukan dengan tindakan simpatik humanis, tetap laksanakan tugas dengan baik dan tetap memberikan edukasi serta pemahaman kepada masyarakat terkait penerapan prokes,” ujarnya.

Operasi zebra diharap optimal dalam rangka mewujudkan situasi Kamseltibcarlantas serta disiplin protokol Kesehatan jelang hari Raya Natal dan Tahun baru 2022 (Nataru).

Usai pelaksanaan apel Ditlantas Polda langsung terjun ke lokasi operasi di beberapa titik dalam kota Mamuju yang di pimpin AKP Indra.

Ia menjelaskan, Jika pelaksanaan operasi sebelumnya, Satuan Lalu Lintas dituntut untuk mengedepankan tindakan preventif demi menekan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas, di tengah pandemi kini tindakan dirubah menjadi lebih simpatik dan humanis.

Perubahan tindakan diyakini dapat menekan angka pelanggaran lalu-lintas dan angka kecelakaan di jalan raya pada masa pandemi covid-19.

AKP Indra, bersama jajaran ditlantas Polda aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat utamanya patuh terhadap protokol Covid-19 serta membagikan masker.

“Melalui aksi bagi masker kami mengajak masyarakat untuk berperan aktif menciptakan keamanan, kelancaran dan keselamatan dalam berlalu lintas serta disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Menurut AKP Indra, masyarakat harus diimbau untuk selalu memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan rajin mencuci tangan. (ish)