Menyongsong Pilkada 2024, Bhabinkamtibmas Kelurahan Tande Imbau Warga Tolak Money Politik

Bhabinkamtibmas Kelurahan Tande Bripka Ahmad saat melakukan patroli dialogis di wilayah binaannya.

MAJENE – Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2024 tinggal menghitung beberapa bulan lagi, tentu masyarakat akan menggunakan haknya untuk memilih salah satu peserta pemilu.

Namun disayangkan karena proses pesta demokrasi masih diwarnai berbagai isu pelanggaran yang krusial, mulai dari isu netralitas hingga praktek money politik yang dilakukan peserta pemilu.

Pelanggaran berupa money politik dapat membahayakan demokrasi dan merusak kehendak rakyat dalam menentukan pilihannya. Namun realita yang terjadi di lapangan, dalam penyelenggaraan pemilu hampir dilakukan secara merata dari peserta dengan berbagai macam modus pelaksanaannya.


Untuk itu, Bhabinkamtibmas Kelurahan Tande Kecamatan Banggae Timur Bripka Ahmadi semakin aktif melaksanakan patroli dialogis di wilayah binaannya. “Kegiatan patroli dilakukan di Lingkungan Limboro Timur,” terang Bripka Ahmad, Rabu (03/07/2024).

Patroli dialogis lanjutnya, tidak hanya menjaga keamanan, tetapi juga memberikan imbauan kepada warga dalam menghadapi Pilkada 2024, untuk bersikap objektif dalam menentukan pilihan saat pemilihan nanti.

“Pilkada merupakan momen penting bagi kita semua, karena itu, saya mengimbau kepada seluruh warga untuk memilih secara objektif dan tidak terlibat dalam praktik money politik,” pesannya.

Bripka Ahmadi menekankan, bahwa setiap suara sangat berarti dan akan menentukan nasib Kabupaten Majene ke depan. “Pemimpin yang kita pilih akan mempengaruhi arah pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, untuk itu kita pastikan bahwa pilihan kita benar-benar berdasarkan hati nurani dan pertimbangan yang matang,” pintanya.

Bripka Ahmadi mengingatkan warga untuk menjaga kerukunan dan tidak mudah terprovokasi dari isu-isu yang dapat memecah belah persatuan. “Kita semua adalah bagian dari masyarakat Majene yang harus saling mendukung dan menjaga persatuan. Jangan mudah terhasut isu-isu yang tidak bertanggung jawab,” tegasnya.

Warga Limboro Timur menyambut baik kegiatan patroli dialogis yang dilakukan Bripka Ahmadi dan merasa lebih aman dan teredukasi mengenai pentingnya menjaga integritas dalam proses pemilu.

“Kami sangat berterima kasih kepada pak Bhabinkamtibmas yang selalu aktif memberikan arahan dan menjaga keamanan di lingkungan kami, imbauan beliau sangat bermanfaat bagi kami untuk menjadi pemilih yang cerdas,” ungkapnya.

Ia berharap, kegiatan patroli dialogis dapat menciptakan suasana yang kondusif menjelang Pilkada 2024 di Kabupaten Majene.

“Dengan adanya imbauan dan edukasi yang diberikan Bripka Ahmadi, masyarakat diharapkan dapat lebih bijak dalam menentukan pilihan dan turut berperan aktif dalam menciptakan Pilkada yang jujur, adil, dan damai,” harapnya.

Polres Majene terus berkomitmen untuk mendukung terciptanya suasana yang kondusif selama tahapan Pilkada 2024 melalui berbagai kegiatan preventif dan dialogis yang melibatkan seluruh elemen masyarakat. (hfd)