Instalasi Covid Menunggu Tambahan Mobiler

oleh -12 Dilihat
Ruangan instalasi Covid-19 di RS Regional Mamuju.

MAMUJU – Pemprov Sulbar masih berupaya memaksimalkan instalasi Covid-19 sebagai langkah antisipasi melonjaknya kasus positif corona.

Menurut Direktur RSUD Sulbar, Muhammad Ikhwan, dukungan Kementerian Kesehatan terhadap pendirian instalasi Covid-19 sudah cukup memadai. Sulbar menjadi salah satu dari enam provinsi yang mendapat kesempatan itu.

Hanya saja, kata dia, sejumlah item yang telah dijanjikan belum juga terealisasi. “Ada beberapa itu mobiler, termasuk bed (kasur,red). Katanya sudah tiba, tapi saya lihat ini belum ada,” urai Ikhwan, Senin 13 Desember.

Meski begitu, pihaknya tetap beroperasi dengan memaksimalkan sarana dan fasilitas yang ada saat ini. “Mobiler di RSUD itu kita pindahkan,” imbuhnya.

Instalasi Covid-19 RSUD Sulbar telah menambah kapasitas ruangan di rumah sakit tersebut. Tentunya dilengkapi sarana dan prasarana pendukung.

“Sementara untuk SDM yang kita gunakan, itu juga yang digunakan di pelayanan umum RSUD Sulbar,” terang Ikhwan.

Sebagai antisipasi melonjaknya kasus covid-19 dan untuk memutus mata rantai covid-19, dr Ikhwan mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencucici tangan.

Instalasi Covid-19 tersebut sebelumnya diharapkan dapat mempercepat penanganan Covid-19. Tetapi, meski fasilitas sarana telah tersedia, Ikhwan berharap tidak ada lagi pasien corona.

Diketahui, beberapa fasilitas pendukung dari Kemenkes RI yang sudah ada di Sulbar adalah Laboratorium Kesehatan, Mobile PCR, dan Kontainer.

Fasilitas itu sudah difungsikan, ditangani langsung dokter penanggungjawab, dr Hemriadi.

“Sudah berjalan dengan satu dokter dan lima analis,” tandas dr. Hemriadi. (nas)