Selasa, 07 Desember 2021

Genjot Vaksinasi dengan Door to Door

 Tim medis Puskesmas saat melakukan kegiatan vaksinasi di salah satu rumah warga di Tapandullu, Kelurahan Simboro, Mamuju, Rabu 17 November 2021.

MAMUJU – Pelaksanaan vaksinasi dengan metode jemput bola atau door to door ke kampung-kampung terus dijalankan di Sulbar.

Kali ini Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulbar turut serta menggencarkan vaksinasi sebagai upaya mempercepat capaian demi pemenuhan herd immunity.

Menurut Kabinda Sulbar, Sudadi, vaksinasi tak hanya terpusat di satu tempat yang diharap mempermudah warga, khususnya kategori lanjut usia (lansia) maupun pra lansia.

Pihaknya berharap bisa meningkatkan capaian vaksinasi di Sulbar. “Vaksinasi door to door kami lakukan serentak di enam kabupaten untuk menggenjot capaian vaksinasi hingga 70 persen pada akhir tahun,” katanya, Rabu 17 November.

Selain menggenjot program vaksinasi, kata Sudadi, tim BIN Sulbar juga aktif mengimbau masyarakat untuk taat protokol kesehatan covid-19. Memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan rajin mencuci tangan.

Salah satu warga Desa Tapandullu, Kabupaten Mamuju, Marni mengatakan vaksinasi dari rumah ke rumah sangat membantu masyarakat karena tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke Puskesmas.

Menurut data Dinas Kesehatan Mamuju, capaian vaksinasi sampai awal pekan ini terlapor sebesar 50,14 persen atau 105.095 orang telah divaksin dari target sasaran 211.371 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Mamuju, Alamsyah Thamrin menjelaskan bahwa capaian yang ada tak lepas dari kerja sama dan sinergi positif dari kepolisian dan TNI.

“Juga lembaga lainnya, yang sangat membantu dalam mencapai target vaksinasi di Mamuju,” kata Alamsyah yang juga koordinator lapangan Satgas Covid-19 Mamuju.

Pihaknya berharap dukungan para pihak terkait bisa terus berlanjut, utamanya menyasar kalangan pelajar dan masyarakat umum.

“Kita masih sangat rendah untuk remaja, masih di bawah 50 persen dari target,” ujarnya. (nas)