Selasa, 07 Desember 2021

dr Asran Masdy Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada

Salah satu siswa di SMP Negeri 2 Mamuju saat mengikuti vaksinasi.

MAMUJU – Angka kematian kasus covid-19 di Provinsi Sulawesi Barat terbilang nihil. Walau demikian, masyarakat tetap diingatkan untuk tidak lengah.

Kasus Covid-19 memang masih terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Tapi satu kesyukuran karena Sulbar menjadi daerah dengan kategori nol angka kematian karena pandemi.

Angka terendah kematian akibat virus corona ini, disebabkan sejumlah faktor. Pertama, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, dr Asran Masdy bersyukur dan menyampaikan terima kasih atas kerja keras, sinergi, doa serta kolaborasi dari tenaga kesehatan, pemerintah kabupaten dan forum koordinasi pimpinan daerah serta seluruh elemen strategis masyarakat utamanya TNI-Polri.

“Itu adalah buah hasil kerja dari kita semua, hasil koordinasi, hasil kerjasama dengan semangat keluarga dan persaudaraan yang membawa kita pada predikat itu,” kata dr Asran, Senin 18 Oktober.

Ia menjelaskan, bahwa saat ini Sulbar berada di titik zero atau nol dengan tingkat kematian terendah.

dr Asran mengimbau, agar masyarakat tetap waspada dan selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan. Masyarakat tetap harus memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan rajin mencuci tangan. Selain itu, juga terus mengupayakan percepatan vaksinasi covid-19.

“Kita tidak boleh terlena, apalagi ini mendekati akhir tahun. Di akhir tahun semua musim itu muncul, yang bisa menimbulkan kerumunan. Marilah kita sadar dan memahami di akhir tahun kita tetap disiplin protokol Covid-19,” harapnya.

dr Asran menjelaskan, kondisi Sulbar juga dilakukan percepatan vaksinasi oleh berbagai pihak. “Saya harapkan seluruh lapisan masyarakat, mari kita lanjutkan vaksinasi ini, percepatan vaksinasi sehingga kita mencapai herd immunity,” tandasnya.

Dari laporan tim satgas Covid-19 terdapat 20 provinsi di Indonesia yang memiliki angka kematian dibawah nasional. Lalu, 11 provinsi yang memiliki persentase angka kematian dibawah dua persen.

Ke-11 provinsi tersebut adalah Jambi, Nusa Tenggara Timur, Papua, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Bali, Kalimantan Timur, dan Papua Barat. (nas)