BUMD Aneka Usaha Gagas Sejumlah Program

Direktur BUMD Aneka Usaha Majene Andi Amran saat menggelar jumpa pers di Aula Kantor Inspektorat Majene, Jumat (11/08/2023)

MAJENE – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau disebut Perusahaan Daerah (Perusda) tentu terus berupaya mewujudkan kredibilitas dan kepercayaan masyarakat melalui penerapan tata kelola perusahaan yang baik dalam menjalankan operasional BUMD.

Selain itu, peran BUMD tentu juga diharapkan memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah dan kemanfaatan umum untuk memenuhi hajat hidup masyarakat.

Hal ini, juga menjadi tujuan Perusda Aneka Usaha yang saat ini dipimpin Andi Amran sebagai Direktur yang kini terus meningkatkan pendapatan pada sejumlah sektor.


“Pengelolaan peningkatan sejumlah sektor ini, seperti pendapatan Bahan Bakar Minyak (BBM), Gas elpiji, konten periklanan melalui videotron dan participating interest (PI) pengelolaan wilayah kerja minyak dan gas bumi Blok Sebuku,” terang Andi Amran pada jumpa pers di Aula Kantor Inspektorat Majene, Jumat (11/08/2023).

Di hadapan para awak media, Andi Amran mengaku, Perusda Aneka Usaha Majene berupaya untuk membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Wilayah Desa Palipi Sendana Kecamatan Sendana.

“Pengelolaan Perusda harus secara maksimal agar mampu menjadi kekuatan ekonomi yang andal
sehingga dapat berperan aktif baik dalam menjalankan fungsi dan tugasnya maupun sebagai kekuatan perekonomian daerah,” bebernya.

Dijelaskan, pembangunan SPBU di Palipi Sendana masuk dalam skala prioritas Perusda Aneka Usaha bersama Pemda Majene untuk pengembangan potensi ekonomi.

“Sesuai hasil rapat Perusda Aneka Usaha dengan Pemda Majene tentang penyusunan anggaran perencanaan beberapa pembangunan, seperti SPBU, usaha pertambangan, pertanian serta di bidang lainnya,” sebut Andi Amran didampingi para Anggota Perusda Aneka Usaha Majene.

Lebih dalam Andi Amran menyebutkan, bahwa rencana strategis Perusda Aneka Usaha dalam pengelolaan dana hasil migas dari pulau Lerek-lerekang Kabupaten Majene telah memprioritaskan pembangunan SPBU Palipi Sendana.

“Pembangunan SPBU Palipi Sendana dinilai sangat menguntungkan jika ditinjau dari perkembangan pelayaran antara Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan ke Sulawesi Barat termasuk arus mudik kendaraan melewati trans Sulawesi bagian barat,” ulasnya.

Untuk lokasi pembangunan SPBU Palipi lanjutnya, masih dalam peninjauan sejumlah lahan yang layak di wilayah Desa Palipi Sendana.

“Kita juga direncanakan pengadaan mesin pengawet untuk hasil tanaman holtikultura (Generator Ozon), seperti sayuran berskala besar, dan penyimpanan hasil petani, baik cabai, tomat dan tanaman sayur agar memiliki kwalitas baik. Intinya, perusda Aneka usaha akan terus menggagas program pendapatan,” akunya. (hfd)