Bimtek Public Speaking dan MC, Sufyan Ilbas Paparkan Sejumlah Materi

Sufyan Ilbas foto bersama setelah membawakan materi pada Bimtek dan MC di Aula Hotel Trisakti Pasangkayu.

MAJENE – Kelancaran suatu acara dan keselarasan perpindahan dari satu acara ke acara berikutnya, sangat tergantung pada kepiawaian Master of Ceremony (MC) dalam memandu acara.

Dengan kata lain MC adalah ujung tombak ketika acara berlangsung yang dapat mendramatisasi suasana, sesuai dengan karakter acara yang dipandunya.

Kemahiran menjadi MC memang patut mendapat apresiasi kepada Sufyan Ilbas, dibuktikan pada setiap kegiatan Pemerintahan maupun kegiatan lainnya saat mendapat undangan.


Kali ini, Sufyan Ilbas yang juga Kasi Angkatan Laut Dinas Perhubungan (Dishub) Majene menjadi pemateri tunggal pada Bimbingan Teknis (Bimtek) Public Speaking dan Master Of Ceremony Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasangkayu Provinsi Sulbar di Aula Hotel Trisakti Pasangkayu.

Bimtek yang dimulai pada Senin 10 sampai 12 Juni di ikuti sebanyak 40 orang peserta dari Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pasangkayu.

“Pada hari pertama bimtek disajikan tentang Public Speaking dan hari kedua materi tentang MC serta hari ketiga peserta langsung mempraktekkan menjadi seorang MC, para peserta antusias mengikuti materi setiap sesi,” urai Sufyan juga mantan Kasubag Protokol Setda Majene itu.

Fyan sapaan akrabnya juga mengapresiasi antusias para peserta terutama di hati tekrakhir dimana peserta mempraktekan ilmu yang didapatkan selama pelatihan sebagai MC. “Semua peserta tampil layaknya akan bertugas menjadi MC sungguhan dan cukup percaya diri,” pujinya.

Kegiatan Bimtek dibuka Asisten Bidang Administrasi dan Umum Setda Kabupaten Pasangkayu Muhammad Abduh dengan mengucap apresiasinya dan berharap agar ke depan tidak hanya dibuka untuk kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) tapi juga untuk masyarakat umum yg memiliki minat.

“Kepada para peserta Bimtek ini, diharapkan bisa menjadi MC bila ada acara di kantornya, sekarang kita krisis personel untuk menjadi MC di Pasangkayu, dengan kegiatan bimtek ini tentu sudah dapat mengurangi krisis,” pintanya.

Sementara, Kasubag Protokol Pemkab Pasangkayu Sriani menjelaskan, bimtek Public Speaking dan MC untuk meningkatkan kualiatas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya saat membawakan acara resmi dengan baik.

“Dari 40 orang peserta ini, perwakilan dari OPD Pemkab Pasangkayu dan perwakilan seluruh Bagian Lingkup Setda Pasangkayu,” pungkasnya. (hfd)