Jumat, 22 Oktober 2021

BI Kampanyekan Vaksinasi Demi Percepatan Pemulihan Ekonomi

Seorang warga Mamuju saat hendak mengikuti vaksinasi massal yang dilaksanakan BI Sulbar.

MAMUJU – Bank Indonesia Perwakilan Provinbsi Sulawesi Barat aktif melakukan kampanye untuk menyukseskan Program Vaksinasi Nasional. Salah satu tujuannya agar geliat ekonomi bisa berjalan secara normal demi percepatan pemulihan ekonomi.

Vaksinasi akan mendukung ketahanan daya tahan tubuh, menekan penularan Covid-19. Sehingga akselerasi-akselerasi ekonomi bisa maksimal dijalankan dalam rangka pemilihan ekonomi.

Vaksinasi adalah bagian penting dalam upaya memacu kembali perekonomian daerah. Harus menjadi prioritas saat ini.

“Vaksinasi terus kita dorong di Sulbar,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulbar, Hermanto di Mamuju, akhir pekan kemarin.

Olehnya, mesti mendapat dukungan seluruh elemen masyarakat, bersinergi dalam menyukseskan vaksinasi agar pengendalian pandemi Covid-19 menjadi semakin baik.

“Beberapa provinsi sudah mencapai di atas 50 persen secara nasional, Sulbar masih 25 atau 30 persen sampai sekarang,” sebutnya.

Karenanya, vaksinasi yang disiapkan pemerintah diharap mendapat sambutan baik dari seluruh lapisan masyarakat.

Pihaknya pun mendorong vaksinasi kepada institusi perbankan dan instritusi lainnya untuk turut dipacu di seluruh wilayah Sulbar.

Selain itu, kata Hermanto, protokol kesehatan covid-19 juga harus selalu digaungkan, dengan mengampanyekan pentingnya memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan rutin mencuci tangan.

Dia juga memaparkan kondisi perekonomian Sulbar di tengah pandemi yang menurutnya perlahan membaik. Tren ini harus terus dijaga bersama.

Angka pertumbuhan ekonomi Sulbar terlihat di triwulan II Tahun 2021 yang meningkat menjadi 5,44 persen. Tak lepas beragam upaya pemerintah untuk membangkitkan ekonomi di daerah. Terutama kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang disertai paket kebijakan lain yang menyertainya.

Data terkini terkait Covid di Sulbar, sampai tanggal 27 September 2021, total warga telah tertular mencapai 12.110 jiwa. Sebanyak 11.498 dinyatakan sudah pulih, dan 334 pasien meninggal.

Sebelumnya, pihak BI Sulbar bersama intitusi perbankan menggelar vaksinasi massal di Mamuju. Kegiatan yang awalnya ditarget dua hari, malah berlangsung empat hari ini karena tingginya animo masyarakat.

Bagian Humas BI Sulbar, Megananda menyebut vaksinasi mencapai taget sebanyak 400 orang. “Pada hari pertama dan kedua, sudah 200 lebih warga yang divaksin. Belum lagi tambahaan di dua hari terakhir,” sebutnya. (ish)