Selasa, 07 Desember 2021

Berkinerja Baik: Nakes, TNI, Polri Mendapat Apresiasi

Sejumlah warga mengantre pada pos vaksinasi yang difasilitasi tim Puskesmas Rangas, Kabupaten Mamuju, pada Senin 22 November 2021. (dok)

MAMUJU— Pemerintah Kabupaten Mamuju memberikan apresiasi kepada tim tenaga kesehatan (Nakes) serta jajaran kepolisian dan TNI yang telah banyak berkontribusi dalam penanganan pandemi Covid-19 di Mamuju.

Utamanya peran mereka memperluas vaksinasi bagi masyarakat. Demikian diutarakan Bupati Mamuju, St Sutinah Suhardi pada momen hari kesehatan nasional.

Dikatakan, para Nakes bersama TNI/Polri telah bekerja siang dan malam selama sepekan dalam rangka mendongkrak vaksinasi daerah.

“Itu agar kita semua dapat menerima vaksinasi. Itu tentu harus kita beri apresiasi, dan saya menyampaikan terima kasih atas dedikasi semua tenaga kesehatan kita yang luar biasa,” ungkap Sutinah pada rangkaian peringatan HKN di Kecamatan Simboro, Mamuju akhir pekan kemarin.

Kerja keras dan sinergitas yang telah dilakukan, kata bupati, telah mulai membuahkan hasil yang sangat menggembirakan.

Kabupaten Mamuju awalnya tercatat sebagai daerah dengan capaian vaksinasi terendah di Provinai Sulbar, kini sekarang telah menjadi yang tertinggi dengan persentase capaian hingga 54 persen.

Meski belum mencapai target minimal 70 persen, namun capaian tersebut dinilai telah memperlihatkan kerja keras dari semua stakeholders terkait.

Sebab itu, hari kesehatan nasional yang baru tahun ini dapat dilaksanakan kembali, dijadikan momen penyegaran kepada para tenaga kesehatan agar dapat melepas beban untuk sesaat sebelum harus kembali mengabdi kepada masyarakat pada unit kerja masing-masing.

Selain itu, peringatan HKN diwarnai agenda promotiv dan prefentiv untuk mendorong kesadaran masyarakat melakukan gerakan hidup sehat sebagai bentuk pencegahan beragam penyakit, utamanya covid.

Sampai bulan ini, Kabupaten Mamuju telah mencatat capaian vaksinasi dosis I sebanyak 111.008 jiwa dari total sasaran 211.371 orang. Sedang dosis II sudah menyentuh 54.280 orang.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi masih jadi fokus utama para Nakes di sejumlah fasilitas kesehatan daerah se Mamuju. Diantaranya Puskesmas Rangas, Simboro.

Kepala Puskesmas Rangas, Kasmiati menjelaskan bahwa pihaknya harus membentuk dua tim vaksinasi yang bertugas setiap harinya dalam sebulan.

Secara bergiliran mereka kemudian menyisir tempat-tempat umum yang dinilai mudah dijangkau warga untuk menerima suntikan vaksin.

Petugas juga rutin melakukan edukasi vaksinasi maupun terkait pentingnya tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19, seperti; menjaga jarak, memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun.

Apalagi saat ini dengan adanya kekhawatiran penyebaran varian baru yang bisa membuat angka penularan kembali melonjak.

“Kami mengajak suruh lapisan masyarakat untuk tidak takut divaksin karena ini sudah terbukti efektif untuk menekan penularan covid. Vaksinasi sudah teruji, halal dan untuk kesehatan bersama,” tandasnya. (nas)