Begini Cara Masuk Kampus Negeri Jalur Mandiri

Tes masuk kampus negeri jalur seleksi mandiri akan digelar pada 3–14 Juli 2023. Lokasi ujian disesuaikan dengan PTN terdekat dengan alamat domisili peserta.

Seleksi masuk mandiri perguruan tinggi negeri wilayah barat (SMMPTN-Barat) tahun 2023 sudah dibuka sejak 8 Mei 2023 sampai dengan 27 Juni 2023. Jalur masuk ini merupakan salah satu seleksi terakhir yang memberi kesempatan bagi mahasiswa baru memilih kampus impiannya yang ada di wilayah barat. Sebanyak 25 PTN wilayah barat tergabung dalam seleksi tahun ini.

Apa saja prosesi ujian yang harus ditempuh para calon mahasiswa PTN? Jalur seleksi mandiri ke PTN ini akan melaksanakan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) pada 3 sampai dengan 14 Juli 2023. Lokasi ujian dapat disesuaikan dengan PTN terdekat dengan alamat domisili peserta. Materi ujian terbagi dalam dua bentuk yaitu tes potensial skolastik (TPS), tes literasi dalam Bahasa Indonesia, literasi dalam Bahasa Inggris, dan penalaran matematika.


SMMPTN-Barat 2023 ini merupakan program sarjana (S1) dan Diploma pada perguruan tinggi melalui jalur seleksi secara mandiri. Jalur SMMPTN-Barat 2023 ini diselenggarakan berdasarkan pada kesepakatan dari 25 PTN yang tergabung ke dalam BKS PTN Indonesia Wilayah Barat dan Surat Keputusan Nomor: 23-05/BKS PTN-Barat/III/2023 tanggal 17 Maret tentang Perguruan Tinggi Peserta Program SMMPTN-Barat 2023.

Koordinator Kelompok Kerja Sosialisasi dan Promosi SMMPTN-Barat 2023 Teuku Kemal Fasya mengatakan, tes yang diikuti oleh peserta nantinya memiliki kedudukannya masing-masing. ‚ÄúTes Potensi Skolastik itu mengukur Kemampuan Kognitif peserta yang sangat penting untuk diukur. Melalui tes TPS itu nantinya akan diuji kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pemahaman umum, dan kualitas bacaan dan menulis,‚ÄĚ ucap Kemal, seperti dilansir dari laman SMMPTN, Rabu (24/5/2023).

Dosen Universitas Malikussaleh, Aceh, itu juga mengatakan, tes literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam menyelesaikan masalah dalam berbahasa. ‚ÄúPeserta akan diukur tingkat memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan sebagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia,‚ÄĚ terang Kemal.

Sementara itu, Sekretaris Pokja SMM PTN-Barat Profesor Supriyanto mengatakan, tes penalaran matematika sebagai upaya untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika. ‚ÄúDalam tes ini, peserta akan dites menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga,‚ÄĚ lanjutnya.

Peserta yang akan mengikuti UTBK SMM PTN-Barat ini bisa segera mendaftar di https://pendaftaran.smmptnbarat.id/. Berikut ini rangkaian yang harus dipenuhi peserta yakni mulai dari tahap pendaftaran secara online hingga pelaksanaan ujian (UTBK).

Jadwal UTBK SMMPTN-Barat 2023:

  • Pendaftaran Peserta SMMPTN: 8 Mei–27 Juni 2023
  • Pelaksanaan UTBK: 3–14 Juli 2023
  • Skoring dan Pemeringkatan: 14–15 Juli 2023
  • Penentuan Kelulusan: 16–18 Juli 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi: 18 Juli 2023
  • Biaya Pendaftaran SMM PTN-Barat 2023
  • Biaya Pendaftaran sebesar Rp350.000.
  • Pembayaran dapat dilakukan melalui bank mitra yang telah ditunjuk yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, dan Bank BSI.
  • Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Daftar Kampus di SMMPTN-Barat 2023:

  1. Universitas Syiah Kuala
  2. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  3. Universitas Bengkulu
  4. Universitas Jambi
  5. Institut Seni Indonesia Padangpanjang
  6. Universitas Palangka Raya
  7. Universitas Malikussaleh
  8. Universitas Maritim Raja Ali Haji
  9. Universitas Bangka Belitung
  10. Universitas Teuku Umar
  11. Institut Teknologi Sumatera
  12. Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  13. Universitas Samudra
  14. Universitas Riau
  15. Universitas Siliwangi
  16. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  17. Universitas Sumatera Utara
  18. Universitas Andalas
  19. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  20. Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  21. Universitas Pendidikan Indonesia
  22. Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidempuan
  23. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung
  24. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  25. Universitas Singaperbangsa Karawang

Informasi lebih lanjut soal jadwal SMMPTN-Barat 2023, biaya pendaftaran, dan ketentuan lainnya bisa memantau laman SMMPTN-Barat 2023 di https://smmptnbarat.id/.

Penulis: Kristantyo Wisnubroto