Selasa, 07 Desember 2021

Carabao Cup
Arsenal Gulung AFC Wimbledon 3-0 di Emirates Stadium

JAKARTAArsenal menggulung AFC Wimbledon dalam laga putaran ketiga Carabao Cup yang berlangsung di Emirates Stadium, Kamis (23/9/2021) dini hari. Pasukan Mikel Arteta itu unggul dengan skor telak 3-0.

Pertandingan awalnya mengalir, sampai kemudian berhebti pada menit ke-10. Pelanggaran dilakukan Nesta Guinness-Walker terhadap Gabriel Martinelli membuat wasit menunjuk titik putih dan memberikan hadiah penalti kepada Arsenal.

Alexandre Lacazette yang ditunjuk sebagai eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk membawa Arsenal unggul lebih dulu. Pemain asal Prancis tersebut berhasil mengecoh Nikola Tzanev untuk mengubah kedudukan jadi 1-0.

Arsenal menunggu hingga menit ke-36 untuk mendapatkan peluang emas berikutnya. Martinelli berhasil melewati kiper, namun jalur tembaknya dihalau pemain Wimbledon. Bola diberikan kepada Cedric Soares yang melepaskan tembakan, sayangnya gagal menghasilkan gol kedua.

The Gunners kembali mendapatkan peluang emas jelang akhir babak pertama. Lacazette bisa membubuhkan nama di papan skor lagi andai sundulannya, memanfaatkan sepak pojok dari Cedric, tidak melambung di atas gawang!

Kontribusi Lacazette

Babak kedua dimulai mengalir. Tidak banyak peluang tercipta di awal permainan, di mana kedua tim masih mencari cara untuk membongkar lini pertahan agar bisa menghasilkan gol.

Tiang! Arsenal nyaris mencetak gol keduanya pada menit ke-64. Martinelli mengirimkan umpan silang ke arah tiang jauh, Nuno Tavares menanti tanpa pengawalan. Sundulannya membuat bola membentur tiang gawang.

Arsenal mengubah skor jadi 2-0 pada menit ke-77. Lacazette kembali berkontribusi, namun kali ini dalam bentuk asis untuk Emile Smith Rowe yang dimasukkan Mikel Arteta menggantikan Thomas Partey.

Arsenal kembali menyarangkan bola ke gawang AFC Wimbledon untuk menambah keunggulannya. Kali ini gol datang dari Edward Nketiah, memanfaatkan asis dari Cedric Soares. Kemenangan sudah hampir pasti dimiliki Arsenal.

Harapan Wimbledon untuk membalikkan kedudukan sudah sangat tipis mengingat sedikitnya waktu yang tersisa. Skor 3-0 bertahan sampai wasit membunyikan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. The Gunners melaju ke putaran keempat.

Susunan Pemain

Arsenal (4-3-3): Bernd Leno; Cedric Soares, Rob Holding, Pablo Mari, Nuno Tavares; Ainsley Maitland-Niles, Thomas Partey (Emile Smith Rowe 60′), Albert Sambi Lokonga; Gabriel Martinelli (Bukayo Saka 76′), Alexandre Lacazette, Eddie Nketiah (Folarin Balogun 83′).

AFC Wimbledon (4-2-3-1): Nikola Tzanev; Henry Lawrence, Ben Heneghan, Will Nightingale, Nesta Guinness-Walker; Alex Woodyard, Anthony Hartigan; Jack Rudoni (Ethan Chislett 69′), Ayoub Assal, Luke McCormick (Dapo Mebude 60′); Ollie Palmer (Aaron Presley 54′). (*)