46 KPM Palipi Soreang Terima BLT, Najib: Gunakan Yang Bermanfaat

Pj Kades Palipi Soreang Najib Muchdar menyerahkan BLT kepada KPM di Aula Kantor Desa Palipi Soreang.

MAJENE – Desa diamanatkan mengalokasikan prioritas Dana Desa (DD), salah satunya untuk penanggulangan kemiskinan di desa melalui program jaminan sosial Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD.

Hal ini, berdasarkan Peraturan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (KDPDTT) Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2023.

Program penanganan kemiskinan di desa melalui program jaminan sosial BLT DD ini tentu diharapkan tersalur tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).


Seperti dikemukakan Pj Kepala Desa (Kades) Palipi Soreang Kecamatan Banggae Kabupaten Majene Najib Muchdar setelah menyerahkan BLT DD kepada 46 Kepala Keluarga (KK) atau KPM kategori kemiskinan ekstrim di Aula Kantor Desa Palipi Soreang, Sabtu (16/03/2024).

“Pemerintah Desa Palipi Soreang akan terus mendukung kebijakan program Pemerintah Pusat maupun Daerah, baik kegiatan maupun penganggaran dan belanja desa,” ujarnya.

Najib menjelaskan, Pemerintah Desa (Pemdes) Palipi Soreang menyalurkan dana BLT Tahun Anggaran 2024, dengan rincian Rp900.000 per KK selama tiga bulan, yaitu Januari, Februari dan Maret.

“Dari 46 KPM yang mendapatkan Dana BLT ini telah melalui seleksi sesuai kriteria yang ditetapkan pemerintah pusat, sehingga tepat sasaran,” tuturnya.

Ia berharap, dana BLT dari pemerintah dapat digunakan untuk yang bermanfaat. “Salah satunya mendukung program ketahanan pangan yang sudah dicanangkan Pemerintah Daerah Kabupaten Majene,” pintanya. (hfd)